Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Archive for the ‘Resep’ Category

Chicken Rice Bowl (maunya sih….)

Neng Nopi lagi rajin masak…..

Belum tentuuuu….. siapa tahu ini cuma pencitraan kaaan????
Biar nggak cuma kelihatan manis, ramah, sopan dan suka menabung tapi juga ditambah rajin masak….
Soal rasa enak apa nggak….. toh nggak ketauan di blog….. wekekekekekekekeeeekk

 

Menu hari ini adalah Chicken Rice Bowl. Kenapa di judul saya kasih tambahan “Maunya Sih”…. karena ternyata setelah muter-muter di beberapa tukang sayur, saya nggak dapat ayam filetnya. Mau ganti masakan lain, Neng Nopi ini kan nggak gampang pindah ke lain hati menu… Jadi dicoba aja ayam filetnya diganti sama daging sapi has dalam…. 😀 😀   Toh namanya masih sama-sama daging…. hihihi…

 

Berikut saya share resepnya…

(more…)

Advertisements

Nasi Tutug Tempe ala Neng Nopi

Tasik, kampung halaman saya itu punya banyak banget makanan yang selalu bikin kangen. Sebut saja mie bakso, soto, kupat tahu, surabi, rujak honje dan yang lagi saya kangenin sekarang ini nasi TO alias tutug oncom.

Di Bandung bukan nggak ada yang jual nasi TO. Tapi kebanyakan jualnya di restoran dan rasa maupun tampilannya udah dibikin modern yang buat saya mah jadi berkurang kenikmatannya.
Karena nasi TO itu sebetulnya kan makanan sederhana banget. Malah suka dibilang makanan orang susah.
Dulu di kampung saya nasi TO ini dijualnya di warung-warung kecil aja, dan nggak pake tambahan macem-macem apalagi pake ayam goreng segala.
Jodoh sejatinya nasi TO ini cuma leunca dan sambel goang (ulekan cabe rawit ditambah sedikit garam). Makanya harga juga murah meriah.
Sekarang mah di Tasik juga sama aja, nasi TO sudah naik kelas masuk ke rumah makan dan bisa berteman dengan macam-macam lauk lain.

(more…)

Mie Ayam ala Neng Nopi

Awalnya gara-gara si babeh sakit bulan lalu itu. Dan seperti yang saya bilang, babeh itu kalo sakit malah jadi ogoan. Pingin makan ini, makan itu, melebihi orang ngidam.
Salah satu permintaannya waktu itu pingin makan mie baso kuah tapi yang nggak pake vetsin. Mana ada coba mie baso tanpa vetsin sama sekali di seluruh Bandung raya ini…..

 

Saking sayangnya sama suami, maka neng Nopi pun mengusahakan untuk bikin sendiri.
Teringat waktu kecil dulu di Tasik ada mie ayam yang enak banget dan si mama sering beli. Mie-nya bukan cuma pake baso tapi pake suwiran ayam dan toge yang banyak.
Bisa ditiru. Dan kalo saya bikin kuahnya pake kaldu ayam kampung yang bagus, nggak usah pake vetsin pasti sudah cukup gurih.
Baksonya biar enak beli di Cibadak. Harganya lumayan, 14 ribu per 10 biji. Biasanya yang saya beli di tukang sayur itu 7ribu per 10 biji. Tapi duit memang nggak bohong kok. Bakso Cibadak ini enak banget.

(more…)

Soto Gebrus

Udah beberapa hari Bandung dingin terus. Enaknya makan yang anget-anget kayak soto.
Tapi kali ini saya pingin bikin soto yang gampang aja. Soto gebrus.
Disebut soto gebrus karena bahan-bahannya memang digebrusin alias dicemplungin aja sekaligus di kuah soto.

(more…)

Weekend di dapur

Sebagai emak hemat cenderung pelit, saya selalu berpendapat bahwa liburan tidak selalu berarti bepergian ke tempat-tempat wisata yang memerlukan duit banyak. Terutama di saat baru mengeluarkan subsidi anggaran lumayan besar untuk keperluan sekolah anak-anak. (Halah, panjang amat… bilang aja nggak punya duit 😛 )
Untungnya anak-anak saya adalah anak-anak manis yang nggak pernah protes. Mereka mah hepi-hepi aja main di rumah juga. Saya nyediain buku-buku bacaan, game baru di komputer plus beberapa aktifitas lain yang bisa bikin mereka anteng.

 

Sabtu kemarin saya ajak Debi dan Daniel main di dapur, bikin cemilan.
Kebetulan udah lama saya nggak nyediain cemilan bikinan sendiri. Selalu terhalang malas bahkan untuk sekedar bikin puding yang paling gampang. Tapi kemarin itu saya habis baca postingannya Febbie tentang puding roti dan langsung ngiler.
Kebetulan lagi adik saya baru ngasih oven punya dia yang di Tasik cuma dijadiin hiasan alias nggak pernah dipake. Oven saya mah udah lama nggak bisa dipake lagi. Gara-gara dipake babeh buat manasin PCB….. biarpun udah dibersihin tapi saya kok rada takut ada sisa-sisa bahan kimia di situ….. 😦

(more…)

Bika Singkong

 

Singkong, bahan makanan murah meriah yang bisa diolah jadi buanyak sekali variasi makanan.
Yang satu ini sering dibuat mama saya dulu waktu saya masih kecil. (more…)

Tag Cloud