Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Libur telah tiba…. libur telah tiba… hore..hore..horeee…

 

Liburan itu ada enaknya ada nggak enaknya juga. Nggak enaknya itu kalo nggak ada acara kemana-mana. Harus pinter-pinter bikin acara di rumah biar mereka nggak bosen Dan harus banyak-banyak nyediain makanan dan cemilan juga karena anak-anak bisa mendadak rakus kalo di rumah terus seharian.

Daniel sudah liburan seminggu di Tasik. Semsem lagi sibuk bikin scrapbook sama teman-teman sekelasnya, dan akhir bulan ini dia ke Tasik juga seminggu.
Tinggak Debi nih yang belum punya acara.
Maka emaknya kemarin beliin dia macam-macam bahan untuk bikin prakarya. Pita-pita, kain flanel, kertas kokoru, pernak-pernik hiasan.
Soalnya Debi ini hobi bikin macem-macem yang perlu keterampilan dan ketekunan. Misalnya bikin jepit rambut atau macam-macam accesories.
Kan dia ini dari kecil senang dandan, senang pake accesories yang di-matching-in sama bajunya. Biar irit jadinya saya ajarin dia bikin sendiri.

 

Sekarang ini bukan cuma bikin buat dipake tapi sudah mulai jualan sama teman-temannya.
Cuma dasar neng Debi mah dasarnya baik hati, awalnya jualan mau yang murah aja. Masa satu jepit dia jual 1.500. Trus saya bilang itu jepitannya aja udah seribu, belum pita, belum pernak-perniknya yang lain. Dengan polos dia bilang, “Kan jepitan sama lain-lainnya nggak beli, itu dikasih sama mamah. Jadi jual segitu juga udah untung atuh.”
Iyaaaa…. tapi mamah kan beliiii, bukan ngambilin di jalan, sayaaaaang…… Jadi itu harus diitung juga dooong.

 

Habis saya bilangin begitu baru dia mau naikin harga jualnya. Itu juga kadang teman-temannya masih nyicil. Ada yang bayar dua kali atau tiga kali. Dan saya nggak tahu juga yang nyicil itu akhirnya pada lunas atau lupa. Gapapa sih…. toh ini bukan soal untung ruginya. Yang penting dia senang.
Jangan dibandingin sama Semsem yang kalo jualan sama teman-temannya selalu ambil untung sebesar-besarnya…. hahahahaaaa…. Kayak siapa cobaaaa???

 

 

pizap.com14031737363431

Ini sebagian jepit rambut yang dia bikin

 

 

Hari ini saya nggak banyak kerjaan jadi bisa nemenin Debi bikin-bikin prakarya lagi. Dia lagi senang bikin binatang-binatangan dari kertas kokoru.
Saya nyoba bikin jepit rambut dari tali kur. Trus tiba-tiba kepikiran buat bikin semacam tutorial gitu. Niat luhurnya sih buat berbagi, siapa tahu ada yang lagi cari ide juga buat ngisi liburan sama anak-anak. Tapi tentu saja ada juga niat terselubung, buat gaya-gayaan dan pamer… hihihi… Biar blog ini isinya rada keren dikit, bukan curhat-curhatan melulu… 😀 😀 😀

 

So…. setelah pembukaan yang panjang banget… ini dia cara bikin jepit rambut ala Neng Nopi…

 

Bahan : Karton manila, tali kur dua warna, jepit, hiasan bunga, lem uhu, kesabaran dan kemauan yang didasari kasih sayang pada si anak gadis…. *apasiiih

 

Mula-mula buat pola seperti ini di karton manila, terus difoto digunting.

DSC_2363

 

Pola yang persegi panjang ditempelin ujung-ujungnya trus di lem.
DSC_2364

 

Habis itu digunting ujung ujungnya dari pinggir sampai ke garis dalam dan dilipat. Buat yang sama untuk sisi yang satunya
DSC_2365

 

Tempelin di lingkaran yang besar. Mohon maaf itu di foto bagian atas yang digunting ngelipetnya keluar. Harusnya dilipat ke dalam.
DSC_2366

 

Trus bagian atasnya tutup sama lingkaran yang kecil.
Nanti jadinya seperti ini. Udah kelihatan kan bentuk topinya.

DSC_2367

 

 

 

Sekarang ambil dua warna tali kur, trus ujungnya disatuin dengan lem. Gulung seperti ini…
DSC_2368

 

 

Tempelin di bagian atas pola topi.
DSC_2369

 

Terusin dengan mengikuti pola. Jangan pake belak-belok karena orang yang suka belak-belok itu pasti ujungnya akan nyasar….
Jangan lupa di kasih lem ya….

DSC_2370

 

Bakar ujung tali kurnya dan lipat ke bawah biar keliatan rapi dikit….
Terakhir siapin hiasan macam begini

DSC_2374

 

Tempelin di topinya

DSC_2371

 

Trus di belakang, tempelin jepitnya pake lem bakar.

DSC_2385

 

Cakep kaaaaaannnn?
DSC_2372

 

 

Selamat mencoba….
*langsung merasa udah jadi pakar….. ihihihihi….

 

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Jepit rambut ala Neng Nopi" (22)

  1. wah debi pinter banget bikin2 jepitnya ya…
    hahaha ini emaknya nih katanya bukan masalah untung rugi yang penting anaknya seneng, tapi anaknya mau jual 1500 dibilang kemurahan. gimana sih.. 😛

  2. Teteeehhh, ampuuuunnnn… aku kibarin bendera putih deh ah, kalo udah uusannya crafty2an begini. Tak ado bakaaattt….
    Cakep ih, jepitan2nya. Kalo deket, mau deh tante Fitri beli buat Aura, Deb.. 🙂

    • Kapan-kapan kita ketemu dengan senang hati aku bawain buat Aura deh. Dia suka jepitan atau bando? Warna favoritnya apa?

      • Aiihhh, senengnyaaaaa….! Aura suka warna ungu, teh. Oh, ya tentu saja sama pink, dong! *mau nyebutin warna lain kok kesannya minta jepitan/bandonya lebih dari 1, ya* hahaha…

  3. cakpe2 ih jepitannya.. Della dan Seno seneng nih bikin kerajinan tangan begini
    tapi emaknya ga sabaran hehehe

  4. Virgorini said:

    Wow patut dicoba nih, secara anak_anak gadisku seneng bikin pernak_pernik juga.

  5. waaa kreatif banget maaak…kereeen..selalu iri pada yang jago ngecraft, aku ngga kreatip blaas..nyontek yaa…

  6. Itu foto diatas, jempol tangan apa jempol kaki yaaaa?????????

  7. Prakaryanya lucu juga Bu …
    Yang jelas … dengan membaca tulisan ini … saya jadi sadar …
    anak-anak saya liburan ini mau “diapain” yaaa ?

    🙂

    Salam saya Bu Novi

    (22/6 : 4)

  8. waaa yg ijo ada bintangnya itu bikin bersinar-sinar. cakeppp

  9. pingkanrizkiarto said:

    cakeeeep… ntu hiasannya rangkai sendiri ato beli udah jadi Nop ?

  10. […] seneng bikin jepit nih…. gara-gara waktu bikin jepit topi dan fotonya saya pasang di FB, eh kok ada yang mau beli. Sekaligus banyak lagi belinya…. Mama […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: