Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Neng Nopi lagi rajin masak…..

Belum tentuuuu….. siapa tahu ini cuma pencitraan kaaan????
Biar nggak cuma kelihatan manis, ramah, sopan dan suka menabung tapi juga ditambah rajin masak….
Soal rasa enak apa nggak….. toh nggak ketauan di blog….. wekekekekekekekeeeekk

 

Menu hari ini adalah Chicken Rice Bowl. Kenapa di judul saya kasih tambahan “Maunya Sih”…. karena ternyata setelah muter-muter di beberapa tukang sayur, saya nggak dapat ayam filetnya. Mau ganti masakan lain, Neng Nopi ini kan nggak gampang pindah ke lain hati menu… Jadi dicoba aja ayam filetnya diganti sama daging sapi has dalam…. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ย  Toh namanya masih sama-sama daging…. hihihi…

 

Berikut saya share resepnya…


Bahan :
300 gr ayam filet (harusnya)…. Yang saya kemarin jadi 300 gr daging sapi has dalam ๐Ÿ™‚
250 gr beras (harusnya)…. Berhubung yang makan di rumah saya banyak dan rakus-rakus, jelas aja ini gak bakal cukup. Jadi nasinya ini saya banyakin jadi 3 porsi alias kira-kira 750 gr.
2 sdm mentega buat menumis
3 siung bawang putih dicincang
2 cm jahe dicincang…. Saya mah nggak dicincang tapi iris tipis-tipis aja
Air kaldu secukupnya… Karena saya nggak punya air kaldu, jadinya saya pake royco all in one aja (sengaja sebut merk… ๐Ÿ˜€ )

 

Bahan buat bumbu perendam :
3 sdm saus teriyaki
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
garam dan merica
Kalo suka pedas, bisa ditambah sedikit saus sambal…. Saya jelas nggak pake

 

Cara bikinnya :
Ayam (eh, sapi…) di rendam di bumbu perendam kira-kira 2 jam.

Bawang putih dan jahe ditumis pake mentega, trus masukin beras (yang udah dicuci yaaa…) dan aduk-aduk bentar. Tambahin garam.
Aroni beras yang sudah ditumis dengan air kaldu trus dikukus…. Ini cara masak nasi ala jadul yang bikin males kan? Jadi setelah ditumis, berasnya saya masukin aja di rice cooker trus kasih air secukupnya plus royco all ini one ditambah lagi sedikit garam, trus colokin listriknya dan tinggal nunggu mateng….. *emak gak mau refot ๐Ÿ˜€

Sambil nunggu nasi mateng, ayamnya dibakar sambil dioles-oles pake bumbu perendam

Sisa bumbu perendamnya kasih air dikit trus dididihkan untuk saus.

Udah mateng semua? Sajikan nasinya dengan ayam ditambah wortel rebus dan brokoli rebus. Kalo mau siram dengan sausnya…

 

Penampakan :

DSC_2317a

Maafkan HP saya yang kurang cakep kalo motret. Eh, HPnya atau sayanya aja yang nggak pinter motret ya?

 

 

Komen para juri pencicip :
Babehย ย ย  : Enak (dengan muka lempeng)
Semsem : Lumayan (sambil merem melek)
Debiย ย ย ย ย ย  : (no komen cuma makan aja dengan lahap)
Danielย ย ย  : Dagingnya keraaaasss….

 

Kesimpulan :
Komen Daniel kayaknya paling jujur karena dagingnya memang agak alot sih…. hihihi…
Bagaimanapun, sesuai dengan judulnya memang harus ayam filet yang dipake dan bukan daging sapi….

Untunglah ini bukan Masterchef Indonesia sehingga mamah nggak dieliminasi dan disuruh pulang… ๐Ÿ˜€

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Chicken Rice Bowl (maunya sih….)" (19)

  1. tetep mantap tampilannya….dan gak susah juga bikinnya *gaya ๐Ÿ™‚

  2. Wkwkwk,.. kalo di eliminasi siapa yang jadi koki dirumah dong ๐Ÿ˜€

    • itulah… makanya biar sering nggak karuan rasa masakannya, neng Nopi tetep dipertahankan sebagai koki nomor satu dan satu-satunya di rumah…. ๐Ÿ˜€

  3. Hahahahhahha anak kicik blum bisa diplomasi noooov. Ihik iya aku kalo baru pamer bikin kue apa gitu semacam berhrap itu meng offset ketidaksabaran dan kejudesanku sbg seorang mamak jadi ada positifnya sikitlah gituuuu ihik eh nanti kucoba pas libur aku lagi nyetok kaldu buanyak krn bikin bubur ayam buat Gama.

    • Tapi komen yang jujur itu emang perlu sih sebetulnya kan? Biarpun rasanya agak makjleb gitu…. hahahah….

      Eh, si engkoh gimana udah baikan?

      • udah dua kali kumasak begini loooh, anak anak sukaaaa. bapaknya juga. Tadi kupraktekkan pake nasi merah juga. Mungkin mereka suka juga ngeliat bentuknya ya ahahaha

  4. kayak gampang….

    *halah, resep nasi tutug yang kemaren aja belum juga dicoba ๐Ÿ™‚

    • Hihihi…. emang gampang kok.. Ini kan cuma berlagak aja kepingin dibilang pinter masak. Jadi nggak mungkin yang syusyeh…. ๐Ÿ˜€

  5. kayaknya enak nih, ๐Ÿ˜€

  6. kalo kata teteh ipar aku, direndem dulu pake parutan nanas dagingnya jadi empuk,heheheehhe *sok jadi chef

  7. Hicha Aquino said:

    Harusnya jadi sapi rice bowl dong mbaa.. *protes krn udah bikin ngiler*

  8. Iiiiishhhh, si teteh Nopi juaraaaaa…! Teh, kenapa kalo baca resep suka nampak gampil ya. Ah, cuma ini bumbunya.. ah, cuma begini cara masaknya… ah, gampil ini mah. Eeehhhh pas gilirannya praktek bingung, hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: