Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Tasik, kampung halaman saya itu punya banyak banget makanan yang selalu bikin kangen. Sebut saja mie bakso, soto, kupat tahu, surabi, rujak honje dan yang lagi saya kangenin sekarang ini nasi TO alias tutug oncom.

Di Bandung bukan nggak ada yang jual nasi TO. Tapi kebanyakan jualnya di restoran dan rasa maupun tampilannya udah dibikin modern yang buat saya mah jadi berkurang kenikmatannya.
Karena nasi TO itu sebetulnya kan makanan sederhana banget. Malah suka dibilang makanan orang susah.
Dulu di kampung saya nasi TO ini dijualnya di warung-warung kecil aja, dan nggak pake tambahan macem-macem apalagi pake ayam goreng segala.
Jodoh sejatinya nasi TO ini cuma leunca dan sambel goang (ulekan cabe rawit ditambah sedikit garam). Makanya harga juga murah meriah.
Sekarang mah di Tasik juga sama aja, nasi TO sudah naik kelas masuk ke rumah makan dan bisa berteman dengan macam-macam lauk lain.

 

Beberapa hari ini saya lagi kepingin banget makan nasi TO ala kampung. Niatnya mau bikin sendiri, tapi diprotes babeh yang nggak suka oncom.
Bikin sedikit cuma buat makan sendiri, males laaah…. soalnya jadi harus masak menu lain juga buat babeh. Kan malah dobel capenya.
Akhirnya kepikiran untuk mengganti oncomnya pake tempe aja.
Eh, ternyata lumayan juga hasilnya. Beda-beda dikit rasanya sih…. yang penting kan masih nasi tutug, tapi tutug tempe jadinya… πŸ™‚

 

Saya bagi resepnya di sini ya….
Dan seperti biasa, resep ala neng Nopi mah nggak pernah pake ukur-ukuran yang pas…. makanya kalo saya masak kadang enak kadang nggak karuan, tergantung moodnya aja….hihihi…

 

Bahan :
Tempe satu papan
Cabe merah 2 – kalo saya dibuang bijinya biar nggak terlalu pedes
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 2 siung
Kencur – karena saya suka rasa kencur yang kuat jadi pakenya agak banyakan kira-kira 5 cm deh
Daun kemangi secukupnya

Nasi putih secukupnya

 

Cara bikinnya :
Goreng tempenya sampe agak kering
Ulek cabe merah, bawang merah, bawang putih dan kencur sampe halus. Jangan lupa kasih garam dan gula.
Bumbunya ditumis sampai harum
Tempe yang sudah digoreng ditumbuk-tumbuk kasar trus dicampur sama daun kemangi plus bumbu yang sudah ditumis.
Campurkan ke nasi hangat sambil ditutug-tutug (ditumbuk) sedikit (kan namanya juga nasi tutug… πŸ˜€ )

 

Temannya tentu saja leunca, ketimun dan sambel (kali ini saya pake sambel terasi). Trus karena permintaan anak-anak ditambah sama bala-bala juga.
Dan last but not least……..Β  teman sehidup semati saya…. si kurupuk aci… πŸ˜€

 

DSC_2298

 

 

Lumayan laaah…. bisa sedikit ngobatin kangen sama makanan kampung.
Dan ternyata…. babeh dan anak-anak suka. Si Daniel bahkan suka leuncanya juga… katanya pait-pait tapi enak.

 

Btw… ada yang tau nggak sih leunca itu bahasa indonesianya apa?

 

 

Comments on: "Nasi Tutug Tempe ala Neng Nopi" (30)

  1. Nggak tauuuu hahaha. Yg mana sih leunca?

  2. Kirain nulisnya lencak gitu, hahhaaa
    itu buat lalapan enak ya ?? saya biasanya di masak sama oncom

  3. nyummy nasi tutug oncomnya, ditambah ikan asin tambah mantab ..

  4. Aduh ngecesss.. kalo aku biasanya bikin tempenya aja tuh teh nopi..ga di campur nasi. Jadi namanya sambel tempe kalo dijawa.. ditambahin kencur+kemangi lalu diuleg deh tuh tempe gorengnya. Makannya bisa banyak banget pake lauk tempe itu aja. Murah dan sehat πŸ™‚

    • Iya bener juga, jadi mirip sama sambel tempe ya…
      Tapi karena makannya pake di tutug-tutug ke nasi jadi judulnya tetep tutug tempe dong… πŸ˜€

  5. aku dulu ngira leunca itu sama dengan kacang polong mba, tapi ternyata beda,

    aku ga suka leunca,rasanya gimana gitu, kletes kletes pahit jadi kalo ibuku bikin tumis oncom pake leunca mesti disingkirin kalo makan πŸ™‚

    • Masih sodara sepupu kali ya kalo sama kacang polong…. hihihi…
      Emang gak banyak deh kayaknya yang suka. Padahal katanya manfaatnya banyak loh.

  6. Saya pakai burger buat vegetaris teh, da mana ada oncom di Jerman mah πŸ˜€

    Leunca..?? Abdi sok didamel kieu bumbuna, cabe rawit, baw putih, gula merah, garam sama tarasi, trs cikur, rendos, teras gejek, eh rendos sakedik Leuncana biar barucat, trs aduuk rata, ngangge Surawung hhmmm nikmaat pisaan.

  7. leuncanya mentah ya, teh?

    keknya enak, kapan-kapan nyoba aahhh…

  8. ah jadi ngelaaay…. bikin ah sabtu

  9. saya suka banget sama nasi TO. *jadi laper πŸ˜€

  10. pingkanrizkiarto said:

    kupat tahu tasik kayak apa sih Nop ? penasaraan nih…

  11. dari awal baca bawaannya udah nggak kenal aja ama yg namanya oncom. maklum ga pernah makan seumur-umur. but, ngerti pke subtitusi temped an ada unsur kencurnya, koq nggak asing yah ama makanan waktu aku kecil…. tapi, biasanya tempenya sih dikukus. ada bau bau kemangi juga. tapi nggak tau juga namanya apa klo disini. pokoknya sih judulnya sambel tempe

    • Iya… emang mirip sama sambel tempe. Cuma kalo sambel tempe kan makannya dicocol. Kalo ini tempenya ditutug sama nasi putih.
      Nanti kalo ke Bandung aku kasih keripik oncom deh…

      • Seumur2 belum pernah ke bandung juga. Keknya klo kesana ada alasan deh sekarang…. Alias ngampiri cie nopi

  12. Di medan itu namanya rimbang deh kayaknya. Kayaknya ahahaha pengahuanku alakdarnya soal bahan mentah makanan taunya udah jadi

    • Aku baru nemu di wikipedia, ternyata bahasa indonesianya itu Ranti..
      Kok kayak nama temenku sih… Dan aku tetep lebih suka judulnya leunca. Berasa sunda banget… hihihi…

Leave a Reply

Tag Cloud

