Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Belajar Masak

Hari Minggu sore saya nonton Junior Masterchef di TV sama anak-anak. Asli deh saya kagum setengah nggak percaya melihat anak-anak kecil begitu trampilnya mengolah bahan, memakai macam-macam peralatan dapur sampai menyajikan makanan di piring dengan gaya nggak kalah dari chef profesional. Umurnya bahkan ada yang masih 8 tahun….. dan mukanya gemesin banget bikin saya pingin jiwel-jiwel pipi chubby-nya.

 

 

Kalo dipikir-pikir, waktu umur 8 tahun saya bahkan belum pernah pegang pisau dapur. Malah selalu diusir-usir kalo kepingin ngeliat si mama masak. Alasannya nanti kena api lah, kecipratan minyak lah.
Jadinya saya baru belajar di dapur itu waktu SMP. Itu juga cuma masak air dan masak nasi (dulu masak nasinya masih cara kuno, belum pake rice cooker).
SMA baru belajar masak sedikit-sedikit. Motongin sayuran, goreng yang gampang-gampang dan nggak nyiprat minyaknya, paling top ya bikin mie instant πŸ˜€ πŸ˜€

Dan ternyata itu sudah telat banget. Karena saya cuma bisa bantu masak pas hari minggu atau libur aja. Trus nggak lama kemudian saya keburu jadi anak kost yang makannya rantangan tiap hari. Trus habis itu jadi orang kantoran yang pergi pagi pulang sore. Boro-boro sempat nyoba masak lagi.

Nggak heran waktu awal married, si babeh terkaget-kaget melihat bininya ternyata parah banget di dapur. Sampai dia yang harus ngajarin mulai dari cara milih-milih bahan sampai cara masaknya.
FYI, si babeh ini dulu pernah punya warung nasi semasa masih bujangan, jadi dia mah sudah biasa kerja di dapur. Kasian banget kan nasibnya dapat istri yang tiap masak kalo nggak tawar ya keasinan…. hahahaa….
Untung aja cintanya sama saya bukan datang dari perut tapi asli dari hati….. *eeaaaaa…..!!!!

 

Sekarang gimana?
Yaaaa….. udah 17 tahun jadi istri dan jadi ibu, kebangetan aja kalo masih nggak bisa masak juga. Biarpun nggak pinter amat, tapi paling nggak babeh berkali-kali memuji masakan saya di depan teman-temannya….. Dan karena saya tahu banget babeh itu kayak apa, maka saya yakin pujiannya bukan cuma basa-basi…. *aheeemmmm!! Boleh dong melembung dikit hidung saya yaa…

 

 

Nah, habis melihat Junior Masterchef itu saya jadi mikir, harusnya saya mulai membiasakan anak perempuan saya untuk kerja di dapur. Dia kan sudah 11 tahun sekarang. Dan kelak, apapun pendidikannya, apapun profesinya, dia bakal jadi seorang istri dan seorang ibu.
Masa sih dia harus mengulang kedodolan emaknya di dapur? Mending kalo suaminya kelak sesabar si babeh waktu ngajarin saya dulu….

Sebetulnya sih dia sudah agak lama menunjukkan minat untuk belajar masak. Cuma saya kok kayak si mama yang kebanyakan kuatirnya. Takut dia kenapa-kenapa gitu. Entah kenapa saya masih menganggap dapur adalah area yang berbahaya buat anak-anak.
Kalaupun dia saya ijinkan membantu, ya saya kasih tugas yang aman-aman saja…

DSC00448

Paling sering sih disuruh cuci piring atau cuci sayur

 
Tapi melihat anak-anak kecil di galery masterchef itu, mungkin kekuatiran saya nggak beralasan ya.Β  Mereka kelihatan santai aja tuh memotong dengan pisau besar, memanggang bahkan menggoreng (yang masih kecil bahkan harus dikasih pijakan karena nggak nyampe ke kompor).
Mungkin kalau dibiasakan untuk selalu berhati-hati, nggak akan terlalu berbahaya juga.

 

Jadi hari ini, saya mencoba memberanikan diri untuk mengajak Debi masak beneran. Kebetulan dia libur karena sekolah dipake pra UN kelas 6.
Dia sih jelas sorak-sorak…. apalagi waktu saya ijinkan menggoreng tahu.
Biarpun masih kelihatan kaku, masih loncat mundur begitu tahunya menyentuh minyak panas, dan beberapa kali menjerit-jerit ketika kena cipratan minyak, saya anggap hari ini sebagai sebuah sukses. Sukses buat Debi dan sukses buat saya juga dong karena berhasil mengalahkan rasa kuatir yang berlebihan.

 

Besok-besok tiap libur kita punya acara baru yang seru berdua ya, Ci…. Nggak cuma belanja atau bikin jepit, tapi ditambah nguprek di dapur….. πŸ˜€ πŸ˜€

 

Mudah-mudahan Cici cepet pinter masaknya trus nanti mamah nggak usah masak lagi deh….

Ahhhh…. memang asik punya anak perempuan…. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

 

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Belajar Masak" (27)

  1. Bisa handover tugas masak ya hihi

  2. ih ternyata sama ya, aku juga waktu awal kawin mah engga bisa masak, sempet deal sama si babeh, lo jangan maksa gw bisa masak ya, gw gak bisa masak, tp gw pinter nyari duit.. dan dia ok..tp skrng 15 tahun kawin lumayanlah bisa masak dikiiiitt

  3. Gak cuma cewek aja Nov, cowokpun kudu perlu diajarin masak.
    Suamiku jago masak, tapi sejak nikah ama aku, tergantung ama aku.

    • Bener tuh…. sapa tau kan kelak harus merantau kalo lagi sekolah atau kerja. Kalo bisa masak kan nggak pusing soal makan… πŸ™‚

  4. Teh Novii…anak-anak gadis saya sudah pada pinter di dapur, ada yg pinternya buat temen makan, ada yg pinter bikin kue…ini gara-gara liat emaknya di dapur melulu..sagala dicoba, dimasak.. Hehehe
    Yang bungsu sekarang ikutan masak juga tuh.. lumayaaaan..kalau liburan, emak mah tinggal duduk saja ngga perlu masak, tp hanjakaaal, mereka masak makanan buleee yg teteh kurang suka..jdnya mah angger we ka dapur bikin dadar atau ceplok lanjn lapar mah hihihi

    • Teeeeeh…. seru ya punya anak gadis udah gede-gede. Bukan cuma seru di dapur deh kayaknya. Bisa seru ngerumpi, seru belanja, seru poto-potoan.

  5. hebat ya anak2 kecil udah jago masak. gua aja cuma bisa masak indomie. hahaha.

    iya pasti seneng dah si cici diajakin masak ya… πŸ™‚

    • Punya istri serba bisa kayak Esther mah, udah nggak perlu mikirin bisa masak, Man. Tinggal mangap doang…. hahaha
      Mudah-mudahan tangan trampilnya Esther nurun ke Emma ya.

  6. Ciiehhh duel maut di dapur ya makk πŸ˜€

  7. Iiihhh, tahu nggak teh, si tengah Aura (5,6 thn) sekarang juga suka loh nongkrongin emaknya di dapur, ngeliatin aku ngulek bumbu di cobek, doi nampak tertarik banget. *dan emaknya berasa hebat bisa bikin doi kagum* hahaha…
    Nanti kali ya, udah umur 8 tahunan kuajarin caranya iris2 sayur, goreng tahu, telor sama tempe. Lumayan kan, dapet asisten gretong? Hahaha..

    • Iya beneeerrr…. kalo diliatin anak dengan pandangan kagum gitu langsung deh berasa kayak chef profesional…. padahal cuma lagi ngulek sambel terasi doang… hahahaa

  8. mmmhhhh… apa aku ikut perlu ngajak para jagoanku masak di dapur juga yah? gak pernah sih. but mereka kayaknya di sekolahan dimotivasi buat mengenal dapur deh. makanya sering maunya bikin mie dewe, nggak mau dibantu. atau goreng sosis/scallop sendiri. bener, rada2 kuatir juga.

    baru tahu si babeh pernah marung nasi. jago masak berarti yah?
    *mau tau edisi bikin jepitnya. smoga nggak kelewatan ngebacain.

  9. saya belum pernah nonton yang junior masterchef indonesia. Di youtube ada kali, ya πŸ™‚

  10. daku sih sejak umur 6 tahun udah bantu emak di dapur, umur 8 tahun udah bisa biking nasgor sendiri

  11. nice post.
    memasak bagusnya diajarin dari dini, bahkan sekarang ada cara belajar masak yang sangat menyenangkan.
    contohnya aja di sumatera barat ada tuh paket wisata yang menawarkan kesempatan belajar memasak rendang. penasaran?
    silahkan lihat sendiri di sini

  12. Aku juga sebelum nikah ga bisa masak. Bisanya cuma masak yg indomie sama tumis2 sayur itu juga udah lupa. Hahaha. Ya sejak nikah emang jadi tuntutan sih harus bisa masak, masa beli makanan di luar mulu? Lumayanlah walaupun belum jago tapi ada perkembangan. Kayaknya memang bagus ya kalau kegiatan masak ini udah dimulai dari kecil..

    • Biasanya sih the power of kefefet bikin segala sesuatu jadi mungkin ya…
      Lagian ada kepuasan tersendiri kalo masakan ternyata disukai suami dan anak-anak… πŸ˜€

  13. lha koq tumben lama nggak update Cipie…? apa lagi demen masak2an beneran?
    sehat aja kah? atau lagi banyak rejeki datang nih?
    *nanyanya dibrondong

    • Mbaaaaakkk…. ini aku udah update lagiiiii….
      Aku sih sehat-sehat. WPnya yang nggak sehat makanya lama menghilang. Tuh, udah aku ceritain di postingan baru…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: