Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Mie Ayam ala Neng Nopi

Awalnya gara-gara si babeh sakit bulan lalu itu. Dan seperti yang saya bilang, babeh itu kalo sakit malah jadi ogoan. Pingin makan ini, makan itu, melebihi orang ngidam.
Salah satu permintaannya waktu itu pingin makan mie baso kuah tapi yang nggak pake vetsin. Mana ada coba mie baso tanpa vetsin sama sekali di seluruh Bandung raya ini…..

 

Saking sayangnya sama suami, maka neng Nopi pun mengusahakan untuk bikin sendiri.
Teringat waktu kecil dulu di Tasik ada mie ayam yang enak banget dan si mama sering beli. Mie-nya bukan cuma pake baso tapi pake suwiran ayam dan toge yang banyak.
Bisa ditiru. Dan kalo saya bikin kuahnya pake kaldu ayam kampung yang bagus, nggak usah pake vetsin pasti sudah cukup gurih.
Baksonya biar enak beli di Cibadak. Harganya lumayan, 14 ribu per 10 biji. Biasanya yang saya beli di tukang sayur itu 7ribu per 10 biji. Tapi duit memang nggak bohong kok. Bakso Cibadak ini enak banget.

 

Bikinnya juga gampang, cuma godog ini godog itu. Nggak pake bumbu macem-macem. Andalannya memang cuma kaldu ayam aja.
Saya coba share di sini ya. Tapi harap maklum, saya kalo masak nggak pernah pake ukur-ukuran. Semua pake perasaan aja…. 😀

 

 

Bahan :
– ayam kampung 1 ekor.  Kok banyak banget? Ya, pan ayam kampung di sini mah nggak boleh beli sepotong. Harus satu ekor utuh. Tapi nggak apa-apa kok. Sisanya kan bisa buat masak yang lain-lain.
– Toge sesukanya. Saya suka toge jadi pake yang banyak.
– Caisim atau pakcoy sesukanya.
– Mie atau bihun. Saya pake dua-duanya. Mie-nya pake mie kering, soalnya waktu bikin pertama pake mie basah kok malah mie-nya bau karung apek.
– Baso semaunya.
– Daun bawang dan seledri
– Bawang putih
– Garam dan Merica

 

Bikinnya :
Ayam kampung direbus sampai empuk. Nanti dagingnya diangkat dan disuwir-suwir.
Air rebusannya kasih garam, merica, daun bawang dan seledri, bawang putih yang udah digoreng. Icip-icip sampe rasanya pas.
Cemplungin basonya dan rebus lagi sampe basonya mateng.

DSC_2250

Basonya pas 10 biji. Seorang dapat dua….

 

Toge direbus sebentar aja biar masih kriuk.
Caisim atau pakcoy juga direbus.
Bihunnya setelah direndam air dingin trus direbus juga sebentar (biar nggak bau karung apek).
Mie kering direbus juga. Jangan lupa kasih sedikit minyak di air rebusannya biar nggak lengket waktu diangkat.

DSC_2251

Taruh semua rebusan di mangkok. Jangan lupa dipoto buat bukti… hihihi

 

Pas mau makan tinggal ditata di mangkok trus siram sama kuah kaldunya.

DSC_2253

Itu semangkok mentung jatahnya neng Nopi. Kok basonya satu? Pan satu lagi buat mangkok kedua…. ahahahaaa…

 

 

Hasilnya, babeh bilang sih enaaakk…. Gurih ayam kampungnya mengalahkan gurih vetsin katanya. D

 

Sampai sekarang sudah 4 kali aja bikin begini. Soalnya babeh itu kalo udah suka sesuatu suka deudeuieun. Anak-anak juga senang karena makan ini kan nggak perlu pake makan nasi, udah ada karbohidrat, protein plus sayurnya sekalian. Lagian anak-anak itu kok sama yang namanya mie sukaaaa banget. Dari pada dikasih mie instant mending bikinin ini deh. Gampang lagi kan tinggal cemplang-cemplung doang…. Asal tutup mata aja sama harga ayam kampungnya yang bikin uang belanja sehari tekor….  Toh kalo dibandingin sama beli Mie Linggarjati (yang ber-vetsin), yang ini tetap terasa hematnya…….  😀 😀 😀

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Mie Ayam ala Neng Nopi" (26)

  1. Aaaaak Teh Noviiiiiiii, sudah berminggu-minggu ini sayah ama istri ngidam makan mi di Bandung eh ada postingan inih. Ngiler sengiler-ngilernya. Hahahaha. Pengen bikin juga jadinya tapi biasanya kemalasan mengalahkan keinginan. Makasih ya Teh dah di bagiin resepnya. hahaha. *ngelap iler*

    • Ini asli gampang banget, Dan. Apalagi kalo dibikinin yayang. Pasti rasanya makin uenaaakkk…
      Segala Mie di Bandung mah lewaaattt….. 😀

  2. waahhh mantap enak keliatan deh dr penampakannya…
    kapan2 mau bikin deh…iya bener biar gak pd makan mie instant
    btw itu mie keringnya merk apa ?? gak pake mie / bakmie yg gulung2an di pasar juga kan ada ?

    • Aku biasanya pake mie telor cap atom bulan…..
      Ya itu dia… waktu pertama bikin, beli mie basah yang gulung-gulungan itu di Cibadak, sekalian beli basonya. Tapi malah nggak enak. Mie-nya rada bau karung gitu meskipun direbusnya pake ganti air dua kali.

  3. Mba Nov, sore2 liat beginiaan jadi lapeeeerrr.. Ntar bikin ah. Makasii ya resepnyaa :))

    • Memang cocok buat sore-sore… Apalagi kalo dingin. Apalagi kalo pake sambel dan kerupuk. Apalagi kalo makannya bareng sama yang si yayang. Apalagi kalo habis itu trus dipuji sama yayang. Apalagi kalo habis dipuji trus diajak nonton. Apalagi kalo habis nonton…………. makan lagi…. hahahahaaa…

      • brb *langsung masak di dapur*
        perut kenyang, masakan dipuji yayang, terus makan lagi. baaahahaha bisa menggembung langsung ini badaann

  4. duh ngeliatnya bikin ngiler mba nop.*lap2 mulut* udah gitu gampang lagi yah bikinnya .

  5. waaa looks yummy… pasti babe langsung sembuh sakitnya. hehehe

  6. waaa,,,,

    pengen bikin juga ah… makasih resepnya yak 🙂

    Teh, dah pernah nyoba mie telor merk YI JIAN?

    menurutku, mie telor merk ini lebih enak. ada dua pilihan juga, mie yang tipis sama yang agak lebar

  7. keknya koq baru kali ini cipi posting masakan yah? kelewatan baca atau aku yg lupa yah?

    aduh pak coy itu apa yah? pernah bikin pke kecap asin manis trus raja rasa. idem ga ?

    • Udah pernah kok beberapa kali. Coba tengok di kategori resep deh.

      Pak coy itu kayak caisim tapi batangnya lebih pendek dan lebih gendut.
      Kalo kecap asin aku biasanya pake cap ikan merah. Soalnya nggak berwarna, kalo merk lain suka bikin kuah jadi coklat.

  8. Teeh eta basona pan ngangge petsin..?? Hehe
    Saya juga baru bikin Teeh, tp sayang disayaaang teu aya hayam kampungna, *jd panasaran aya teu nya ayam kampung Jerman* hiji
    Saya bikin dr tulang taleng hayam ..

    • Hihihi…. sumuhun saleresna mah keneh-keneh aya vetsin. Tapi kan lumayan da kuahna mah teu nganggo tambahan vetsin.
      Di Jerman mah aya oge hayam Jerman panginten, Teh… 😀

  9. Segerr amatt makk penampakannya. Klo lagi flu kaya saya gini kayaknya endess bangett dehh ^^

  10. Nah kan yaaa… paling syebeeelll kalo ada yg posting makanan dan diliatnya di jam2 kritis macem sekarang. Teteh, akuh lapaaarrrrr…! *ngacay*
    Omong2 soal ayam kampung, jd inget ih udah lamoooo tak beli ayam kampung. Eh, bakso cibadak tepatnya dimana sih, teh? 14 rebu 10 biji lumayan murce dong, dibanding bakso panghegar, teh..

    • Baso Cibadak ya di jalan Cibadak. Aku lupa nomornya. Pokoknya kalo masuk Cibadak dari jalan Pajagalan, belok kiri dikit aja. Tempatnya di sebelah kanan jalan. Saya juga tanya sama tukang parkir, soalnya nggak ada plang apa-apa.
      Baso panghegar emang berapa? Belum pernah nyobain…..

  11. Kyknya enak jadi laper.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: