Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

F…. V….P….

Saya ini orang Sunda. Orang Tasik asli. Lahir di Tasik, gede di Tasik, sekolah di Tasik, kerja di Tasik dan kemudian diekspor ke Bandung untuk menambah stok emak-emak manis di Bandung yang semakin langka…….. (bohong banget…)
Biarpun almarhum para kakek saya konon datang dari negeri tiongkok, tapi saya pan nggak pernah menginjakkan kaki di sana. Ngomong bahasa mereka aja nggak bisa. Jadi lupakan saja tentang itu, oke?

 

Jujur saya bangga jadi orang Sunda….. sampai-sampai waktu SMP dulu saya memilih sekolah di sekolah bilingual, bahasa indonesia dan bahasa sunda…. hihihihi….
Jadi postingan kali ini sama sekali nggak bermaksud menjelekkan orang sunda….

 

Tapi pastinya udah pada maklum kan kalau orang sunda itu susah banget ngebedain antara F, V dan P. Bukan cuma dipengucapan, penulisan aja suka pabaliut.

 

 

Nah, “berbahagialah” saya yang lahir sebagai orang sunda dan punya nama mengandung huruf V….. πŸ™‚
Udah terbiasalah dari dulu dipanggil Nopi dan bukan Novi. Malah karna nama kecil saya itu Vivi, temen-temen SD dulu punya panggilan “sayang” buat saya si damis… (Fyi : Damis itu bahasa sunda halus untuk…. pipi…).
Woi…. VIVI… woiiii…. bukan PIPI……

Sebel? Dulu sih iya… Sekarang mah udah terbiasa.

 

Lucunya, si babeh yang namanya sama sekali nggak mengandung huruf F atau V juga punya nama panggilan salah. Mungkin temen-temen kecilnya semasa di kampung menganggap panggilan Kwan itu terlalu susah sehingga mereka menggantinya dengan Kakam…… hahahahaaaa…. jauhh benerrrrr…..!
Sampai sekarang nama panggilan itu masih melekat kalo kita lagi mudik dan berkunjung ke rumah almarhum mamer (sekarang ditinggali sama kakak ipar). Tetangga-tetangga dari yang muda sampai yang sepuh manggilnya Kakam… πŸ˜€

 

Terus salah siapa kalo saya sekarang ini punya rumah (yang belum lunas cicilannya itu… πŸ™‚ ) di blok V…..

Tiap kali menyebutkan alamat rumah saya, apalagi lewat telepon, saya selalu harus memberi keterangan tambahan… “blok v ya, v… victory… ” , which is nggak akan perlu kalo seandainya saya tinggal di blok a, b, c atau m.
Dan kalau saya tulis…. masih juga ada yang salah membacanya sebagai blok 5 romawi…. *tepok jidat, elus dada

 

Kejadian tadi pagi, saya pesen masakan dan minta diantar ke rumah. Yang terima telepon mungkin karyawan baru, soalnya saya sebetulnya udah sering pesen masakan di situ dan nggak masalah biasanya.

SayaΒ  (S)Β Β  Β : tolong di antar ke blok V nomor sekian…. Blok vi ya, Mas… Victory…
si MasΒ  (M) : Oh… blok ki ya…
SΒ  : ve, Mas…. victory… (sapa tau dia nggak tau vi dan taunya ve)
MΒ  : pe?
SΒ  : VE…. TE-VE….VE….
M : Oooh…. TE ?
SΒ  : Bukaaaaannnn… Ti-vi… tau kan? nah ini huruf vi-nya….
M : EP ? (ampyuuunnn mamaaahhh…!!)
SΒ  : Bukan F…. ini V….Β  te, u, ve, we, eks, ye, jet…. ve, Mas… (berasa ngajarin Daniel baca… 😦 )
M : Lah iya PE ?
SΒ  : Bukan P dari Papa loh ya…
M : Iya…. PE kan?
SΒ  : VE (nadanya udah rada nyolot ini)
M : PE?
S : (dalam hati sambil lap keringet) terserah situ lah…

Dan saya udah pasrah aja seandainya pesanan saya akhirnya nggak nyampe karena si mas salah kirim ke blok P…

 

Ternyata 15 menit kemudian doi udah pencet-pencet klakson di depan rumah…
Waktu saya keluar dengan polos dia bilang, “Tuh bener kan kata saya juga dari tadi BLOK PE.…..”
Saya bayar masakannya tanpa keinginan untuk berdebat lagi.

Semaumu lah……. mau PE mau EP….

 

 

Tapi diam-diam saya bersyukur si babeh kasih nama anak-anak nggak ada huruf V atau F-nya….

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "F…. V….P…." (53)

  1. ah teh Pipi bisa ajah… πŸ˜€

  2. Komenku pendek saja, yaitu : huahahahahahahahahahaa…..
    Bodor pisan tehh.
    *pamer udah bisa basa Sunda*

    • Reply-ku juga cuma satu : ahahahahahahahahaaaha….
      Pinter geuning Teh Epia (pake P bukan V)…. ihihiihihiii…

      • Rasa rasanya bukan cuma Sunda yang gak bisa membedakan P dan F dan V. Orang Minangpun juga begitu.
        Waktu aku tinggal di Duri (Riau) dimana banyak orang Minang, mereka manggil aku Epi. Waktu itu aku ndak kepikiran buat mbenerin. Pasrah aja.

  3. huahahaha susah banget ya ngejelasin ve itu bukan pe…. πŸ˜›

  4. hahaha…

    sukses bikin aku ngikik di depan kompi nih, teh… πŸ˜€

  5. Hahaha… lucuΒ².. aku nyerah sm bhs sunda,, gak ngerti samsek .. 😐

    • Jangankan yang bukan orang sunda…. anak-anak muda di bandung aja banyak yang kayak kagok gitu ngomong bahasa sunda… Atau ngomongnya pake bahasa sunda kasar, bikin gatel kuping.

  6. Pokokna mah nampi waelah abdi mah..da bade kumaha deui…Firyani janten Piryani..
    Teteh mah sok ngaheureuyan sobat anu urang Padang, namina Zulfa Safitri..naahh lhoo eta mah susah semua..teteh sok tereak “Pitriiiii…. Julpasapitriiii……!!! sobat teh sok seuri tah..”iihh teteh..geli dengernyaaaa..” πŸ˜€

    • Jadi inget ada temen sekampung yang lidah sundanya gak bisa ilang biarpun katanya udah “piftin years” di amrik sono…. hahahahaa….
      Eh, funten… sanes nyeungseurikeun teh Dewi Piryani ieu mah nya…
      *dikepruk talenan

      • Teh Nopiiiiiiiiiiiiiiii….teteh meni banggaaaaa ngangge logat Sunda di LN teh…. kalau bisa mah, tiap ketemu orang diajak ngobrol bhs Sunda..hehehe

        Reseeep pisan upami tepang sareng urang Sunda teh, langsung nyunda pokokna mah.

        Taahh di NΓΌrnberg mah sudah pada tau anu namina Teh Dewi mah… sesepuh soalnyaaa…hihihi..

        Kalem Teeeh.. talenan teteh cuma satu, jadi made dieman-eman..:D

        • Tah mungkin itu yang bikin teteh jadi beken… karena logat sunda anu lekoh…..
          Janten hoyong ngadangu Teh Dewi nyarios jerman….. ihihihi…

  7. Hua…ha…ha…jadi inget Eko Patrio yang nyebut produk kecantikan sponsor acaranya sebagai: PIPA kosmetik.

  8. hahahahaha ngakak bacanya, kenapa yah orang sunda kebalik2 gitu antara P,V dan F yah?

    • Memang di aksara sunda itu kan nggak ada huruf F dan V. Tapi kalo soal kenapa suka kebalik-balik… entahlah. Atau kita tanya saja pada rumput yang bergoyang… πŸ˜€

  9. NoPIIII hahahahaha aku ngikik tengah malam bacanya hahhaaha aku kejadian begitu beberapa kali tiap nyebutin nama lengkap Ghaffar Ephraim kan hadeeeh, biasanya kalo pas pertama aku mending nulis aja soalnya ya itu tadi spelling juga gak ngaruh hahahaha. Yang lucu kalo tulisan juga suka gitu kan. DI Cicadas pernah kuliat jual FarPum ImFort dong huahaha beneran dibalik semua. Eh pas beberapa taun lalu (Ephraim 3 tahun deh) pernah bilang Fink Plowers pas liat bunga merah jambu, aku parnooo lho kok ini mulai ketularaaaaan?! hihihihi

    • Haaduhh, kebayang itu orang sunda yang harus spelling nama Ephraim… pasti pabaliut… πŸ˜€

      Iya.. itu tulisan yang kebalik-balik bisa ditemui diseluruh penjuru Bandung deh kayaknya…

  10. pingkanrizkiarto said:

    wkwkwkwk…. di tangga mesjid kantor waktu di bandung dulu, ada plang “Sendal haraf dilepas”….

  11. hahaha,…. saya sampai nguur airmata ketawanya teh Nopiiiii… Paya Yara sampe mendelik tuh.

    Sering denger leluon soal huruf F dan P orang sunda .. tapi ini asli lucuuu… πŸ˜† πŸ˜†

  12. huahaha.. ngakak dulu, mbak eh teh Nopi. eh.. teh NoVi…. πŸ˜†
    Btw, baruuuu tadi pagi si bontot (3 tahun-red) kami ketawain, habis nyebut suzuki APV, disebut A-FE-FE. Diajarin ngejanya: A-PE-VE. Bener bisa. A-PE-VE. begitu disuruh nyebut sekali lagi, APEVE, eh… doski teriak lagi: A-FE-FE. Zzzzzzz…. πŸ˜†

  13. diekspor ke Bandung untuk menambah stok emak-emak manis di Bandung yang semakin langka……..Wakakakakak

  14. Blok P ya Piktory..ha.ha.ha..nyasar gak tuh ? πŸ™‚

  15. *NGAKAK KENCENG….. HUAHAHAHAHAHAHAHAHA
    ampun dah

  16. Kwan jadi Kakam itu jauh banget lhooo.. hahahaha..
    Untung orang sunda manis dan baik2 banget yaaa.. jadinya bikin lucu klo salah ngomong bukan bikin kesel. hihi

    • Iyaaaa….. orang Sunda emang manis dan baik… ini lho contohnya…
      *tunjuk diri sendiri
      *kemudian aku ditimpuk duit gobanan sekarung… πŸ˜€

  17. hahahaha lucuuuu. baru tehu lidah sunda nggak bisa yg enteng2… mau aksen yg tebel2. kurang fleksibel lidahnya yah.

  18. Hahahahaha.. Betul itu.. Rempong jadiny klo ngaji, soalny kan klo pelafalannya salah artiny bs salah, trus klo pake bhs asing jg bs kacau artinya, hanya krn beda f jadi p, hahahahaaha

  19. di sini ada yang namanya Felia, panggilannya Fel…Fel…Feli.
    lah ada orang sunda kalau panggil Feli kan…”Pel..Pel “

  20. Huahahah … ini klasik nih …
    Ada si Pipi … naik Fesva … di tangkap volisi … karena nggak pake Sfion …

    hahaha

    Salam saya Bu Novi

  21. Ahahahaha……… vabaliyut ah! Sok we lah, kumaha di dinya……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: