Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Bukan karena tak cinta…

astro3001_468x272

Men are from Mars, women are from Venus
Gambar dari : http://www.dailymail.co.uk

Saya nyengir waktu ada seorang teman yang mengeluh tentang suaminya yang selalu lupa sama tanggal ulang-tahunnya juga tanggal ulang tahun anak-anaknya.
Bukannya para babeh sering kali begitu ya?

Saya pernah mergokin babeh lagi ngintip KTP saya di awal-awal kami menikah dulu. Waktu ditanya, dengan malu-malu dia bilang mau liat tanggal lahir saya…… πŸ˜€Β  πŸ˜€Β  πŸ˜€ Rupanya dia malu mau tanya langsung….
Udah gitu pas harinya tetep aja dia lupa dan baru nyadar setelah saya ingatkan.

Bahkan sampai sekarang juga dia masih sering lupa kalau nggak diworo-woro dulu sejak seminggu sebelumnya.
Minggu kemarin juga dia lupa tuh kalo bininya ulang tahun. Bangun pagi nggak pake kasih selamat dan cium dulu. Udah siang diingetin si mama, baru deh dia peluk-peluk sambil nyengir malu.
Dan kadonya katanya ngutang dulu….. *Huh!
Belum dilunasin pula sampai sekarang… *dobel huh!!

 

Tapi sebetulnya buat saya bukan masalah besar sih.
Saya paham kok itu bukan karena dia nggak cinta atau nggak perhatian sama istrinya yang manis, bahenol, rajin, ramah dan pandai menabung ini.
Konon para babeh memang sudah dari sononya nggak memperhatikan hal-hal kecil karena otak mereka lebih fokus memikirkan hal-hal yang besar. Sementara para emak malah sebaliknya, sangat mementingkan detail.

Contohnya, waktu sepasang suami istri pulang kondangan… maka istrinya akan bisa bercerita dengan lengkap seperti apa dekorasi ruangan, dandanan pengantin, makanan apa saja yang ada, bahkan dia bisa ingat si A atau si B yang ditemui di sana pakai baju apa. Sementara suami, paling cuma bisa bilang makanannya enak atau tidak tanpa ingat apa saja menunya. Pestanya meriah, tamunyaΒ  banyak. Lain-lainnya nggak masuk dalam memorinya.

Contoh lain…. Bapak-bapak sering nggak hapal baju-baju atau barang punya istrinya, atau anak-anaknya. Meskipun tiap hari dia lihat tapi nggak masuk ke memori kayaknya.
Beberapa kali pas mau kondangan babeh ngomentarin baju saya katanya baju baru. Padahal baju kondangan saya mah itu-itu aja dari dulu juga……. Makanya beliin dong, Beh….!!Β Β  *dan babeh pun ngaleos dalam diam πŸ˜€ πŸ˜€

Trus lagi…Β  berapa banyak sih bapak-bapak yang ingat tanggal, hari dan jam lahir masing-masing anaknya. Apalagi panjang dan berat badannya. Babeh jelas termasuk yang sering tertukar-tukar data kelahiran anaknya. Makanya setiap kali harus mengisi formulir-formulir yang berisi data anggota keluarga, dia selalu menyerahkannya pada saya. Dia juga sering lupa tanggal perkawinan dan terheran-heran ketika tahu bahwa saya bahkan masih ingat betul tanggal kita bertemu pertama kali.

 

Memang Tuhan menciptakan perempuan dan laki-laki berbeda kok, karena fungsinya juga kan berbeda.
Ini bukan bicara tentang emansipasi atau sebangsanya. Ini adalah keajaiban penciptaan di mana Tuhan dengan hikmatNya menciptakan dua jenis manusia yang berbeda untuk bisa saling melengkapi.
Perbedaan itu sejalan dengan tugas dan fungsi masing-masing dalam rumah tangga. Karena tugas suami adalah mencari uang (yang mana memerlukan pemikiran luas dan jauh ke depan) sedangkan tugas istri adalah menghabiskan uang (yang membutuhkan ketelitian, ditempat mana terdapat harga paling murah atau diskon paling gede… πŸ˜‰ ).
Malah kalau pernikahan itu diibaratkan sebagai sebuah “workshop”, maka bagian suami adalah work sementara bagian istri adalah shop….
*langsung dicelupin ke ember cucian sama babeh

Hahahaaa…. bercanda, beeeehhh….

 

Yang pastinya perempuan itu selalu memperhatikan hal-hal kecil antara lain karena berhubungan dengan keharusan mereka mengasuh anak.
Ajaibnya lagi, kebiasaan memperhatikan detil ini sudah kelihatan sejak masih kecil.
Saya melihatnya dari anak perempuan saya, Debi. Dia bisa jadi asisten saya yang handal dalam mengurus Daniel, bahkan kadang-kadang dalam mengurus Semsem.
Debi tanpa diminta selalu hapal seragam apa yang harus dipakai masing-masing tiap hari.
Dia juga hapal jadwal ekskul Semsem dan Daniel dan kadang-kadang kalau saya lupa, dia yang ngingetin saya untuk bawain buku ekskulnya Daniel.
Semsem mah biarpun sudah lebih besar, nggak pernah memperhatikan hal-hal kecil kayak begitu.

Waktu saya harus pulang ke Tasik sendirian dan ninggalin anak-anak di rumah, Debi bisa ngurusin Daniel dengan baik. Mandiin, nyiapin bekal sekolahnya, pakein seragam juga (biarpun kemudian dia ngaku kalau ternyata dia lupa pakein Daniel…….. kolor… hihihi).
Bandingkan sama babeh yang masih selalu tanya saya jam pulang sekolah anak-anak…. hampir tiap hari. Sampai saya suka kepingin bikin tulisan besar dan ditaro di samping jam dinding biar nggak ditanya terus bolak-balik…

 

Jadi gitu deh… nggak usah merasa kurang dicinta atau kurang diperhatikan kalau suami suka lupa-lupa segala hal yang dianggap penting sama istrinya. Memang dari sononya udah begitu…
Dan buat yang punya suami dengan ingatan super detail, apalagi yang romantis dan pas hari-hari penting suka ngasih kejutan manis….. bersyukurlah anda.Β Β  Tapiiiiii…… biasanya suami model begini juga suka menuntut perhatian lebih dari istrinya… bener gak sih?
Sementara yang lempeng model si babeh mah, asal istrinya gak lupa kasih dia makan aja udah dianggap istri yang berbakti…. hihihi…

 

 

Gimana menurutmu, temans…
Model apakah suamimu, atau model apakah dirimu?
Hayu urang ngawadul….

 

 

 

Comments on: "Bukan karena tak cinta…" (47)

  1. ah ini mah nyindir saya…

  2. Hihihi seuri heula aaahh…
    Kangmas? Hhmmm miriplah sama babeh, kaya babeh2 umumnya, cuma doi mah sabarnya luwaaaar biasa, ngadepin sang dewi istrina anu super duper ogoan hihi
    Pernah teeeh.. Saya dipotong rambut ku temen, kibas2 bolak balik depan dia euuhh lempeng sajaaaah.. besoknya lempeng juga.. Lagi bageur saya, jd ya apa boleh buntet lah.. Setelah bbrp hari baru doi nanya “mamanya potong rambut yaa?” Deuileeeh ini sudah 4 haru yang lalu cintakuuuu ..sayangkuuuuuh” jawab saya sambil cubit pipina da gemeees πŸ˜€
    Tp doi selalu ngasih apa saja yg sayah mau.. jd we ogoan, lamun teu diturut sok rada jamedud bari manyun hahaha
    *buka aib*

    • “Tp doi selalu ngasih apa saja yg sayah mau”
      Wuiiihhhhh….. untung aja istrinya si teteh. Percaya lah teteh mah moal minta berlian sapiring kan?
      Yang ogoan mah dikasih pelukan dan usapan sayang aja…. pasti klepek-klepek, ilang jamedudnya… hahaha…

      • Betul teeh bersyukur sekali saya teh.. Alhamdulillah..
        Berlian..?? Waah belum kepikiran minta yg kinclong kurilip-kurilip hihihi
        Dikeukeup..?? Hahay ketauan teh Novi lamun nuju jamedud sok dikasih pelukan dan usapan sayang sama Babeeeh πŸ˜€

  3. Selamat naik usia cipie, semoga makin banyak berkahnya dan yang penting selalu sehat! *pelukan*

  4. suamiku senang membuat kejutan. Padahal aku tidak suka kejutan. hahaha.. jadi seru-seru semriwing

  5. sama aje…
    gak pernah ngerayain ultah apalagi wedding anniversary
    kalo dipikir2..dia gak sempat ingat hari ultah akrena sibuk kerja, kerja bisa 24-48 jam..eh
    demi keluarga juga
    keingat postingan yang ini
    http://faziazen.wordpress.com/2013/10/10/karena-cinta-dibuktikan-dengan-perbuatan/

  6. dulu aku merasa kurang di perhatikan oleh suami, karena ndak ingat hal2 kecil macam ini. tempo hari dia ingat ultahku, akunya yang kaget2 hehe..

  7. terima kasih buat pencerahannya Teh
    Suamiku juga bukan tipe yang inget segala detail gitu
    Tapi semenjak tahun kemaren isterinya ini ngambek di hari ultah, dia jadi lebih perhatian (soal ultah)
    Kemarin yang terakhir, ada kali sebulan sebelumnya dia udah ancang2
    Tapi ujung2nya ya ‘cuma’ bawain kue yang dibelinya sepulang kerja, sambil pulang mampir ke toko kue gt
    Tapi tak apaa aku sudah syenaang πŸ˜€

    • Ih, bawain kue juga udah sesuatu banget atuh…..
      Itu dapat mikir sebulan kali ya? πŸ˜€

      Kayak suamiku kalo mau kasih kado buatku kayaknya bingung banget. Ujungnya dia ngajak aku ke toko dan pilih sendiri barang yang aku mau. Padahal kalo dikasih kado kejutan kayaknya lebih asik deh. Nggak usah yang mahal, dia bawain aku kue juga aku udah klepek-klepek pasti…. hahahaa…

  8. hahahahhahaahahaha *Nov aku pernah lupa makein Ephraim kolor dulu pas umur 3 tahunan gitu deh mau ke sekolah, aduh ternyata selevel sama Debi hahahah* Tosslah Edi sama babeh mah itu 11-12. Dia pake reminder di hp ihik.
    Temenku cowok punya anak 2 gak inget samsek ultah anaknya, cuman inget anak 1 lahir pas tsunami aceh dan anak ke 2 gempa yogya. Tanggalnya blas blas gak inget. Dan dia cuma inget nama panggilan anak-anaknya karena katanya nama panjang mereka puanjang sekali (dari istrinya dong hahaa) tapii, kalo soal cinta ke anaknya? (menurutku ini jg berlaku ke istrinya jadinya) jangan diragukaaaan, setiap acara sekolah anaknya yg bikin dia musti ngejar ojek dan ninggalin mobil di kntor aja dia jabanin, meski cuma untuk acara yg diangap ‘tak penting’ sama orang lain.

    • Benerrrr, cinta itu bisa diwujudkan dengan macam-macam cara. Nggak inget ultah bukan berarti nggak cinta ya.
      Si babeh mah gak bisa bikin reminder di HP. Seperti yang aku jawab di komenmu yang lalu, babeh mah tahunya HP cuma buat telp sama SMS doang. Percuma pake android juga…. hahahaaa…
      Biasanya kalo untuk ultah pernikahan atau ultah anak atau ultah sanak familinya, aku yang jadi reminder.

      • hihihi iya, kalo dikasih iphone beneran cuma bikin almarhum Steve Job syedih gitu ya Nov, ini ciptaannya digunakan sama kayak penggunakan Nokia jadul.
        Nov oi emailin ke aku dong no hp-mu sondang.purba@yahoo.com waktu Tyke datang minggu lalu pengen ngajak kau tapi sama sama gak punya nomermu. Siapa tau 3 minggu lagi thesisku (HARUSNYA SIH UDAH SELESAI) kita bisa ketemuan

  9. Walah kok kebalikan sama diriku ya.
    Aku gak perhatiin detil hari hari penting seperti tanggal ulang taun (siapapun itu) dan tanggal pernikahan. Kalau pas datang hari2 tsb, lempeng aja kayak gak terjadi apa apa.
    Kalau suamiku pas lupa, aku anteng anteng aja. Tapi biasanya suamiku inget.

    Seringkali aku bilang ke dia, tanggal2 begitu gak memiliki makna penting buatku karena di keluargaku gak ada kebiasaan merayakan ulang tahun maupun ulang tahun pernikahan. Jadi ya gak usah berharap diriku bakal mengingatnya.

    Menyalahi pakem karena biasanya cewek yg ribet urusan detil tanggal2 penting dan cowok yang gampang lupa.

    • Biasanya sih begitu ya, Mbak…. kalo istrinya yang suka lupa, suaminya yang inget.
      Kan namanya saling melengkapi ya…

      Si babeh juga suka lupa tanggal-tanggal yang menurutku penting karena di keluarga dia nggak ada tuh kebiasaan ngerayain ultah. Waktu aku tanya tanggal lahir kakaknya aja dia nggak tau.
      Beda sama aku yang sampe ultah om, tante, sepupu-sepupu aja inget soalnya selalu dirayain bersama di keluarga besar.

  10. bener banget ini postingan hihi..para pria mah gak penting detil..maunya yang serba big.. πŸ™‚

  11. Dia juga sering lupa tanggal perkawinan dan terheran-heran ketika tahu bahwa saya bahkan masih ingat betul tanggal kita bertemu pertama kali.

    ====
    ada lagunya..
    kuingat juga, hari pertama bertemu
    ingat harinya lupa tanggalnya
    tapi sekarang kulupa tahun berapa
    tapi ingat waktu sekolah.

  12. hmmm di aku fifty-fifty sih.. kadang aku inget, kadang dia yang inget… hahahaha…
    tp dia inget koq ultahku
    en soal kerapihan, rapihan dia v(^_^”) hadeh, jd buka rahasia gw

  13. kebalik deh teh, ku kaya mbak evia deh.. ga hafal detail tapi yang besarbesar ingat aja.. malah kangmasganteng yang selalu ingetin, besok ultah yaaaa, gitu godanya..

  14. (biarpun kemudian dia ngaku kalau ternyata dia lupa pakein Daniel…….. kolor… hihihi).

    >> huihihihihi :mrgreen: gitu si daniel yo gak sadar?

    • Si Daniel itu anak yang selalu sibuk bergerak… kalo lagi dipakein baju heboh sendiri, jadi nggak merhatiin cicinya nggak pakein kolor. Katanya baru sadar udah di sekolah…. hihihi…

  15. Jadi besok2 kalo saya nikah dan lupa sama tanggal lahirnya anak dan istri berarti wajar dong ya? Huahahhaha… #pembenaran πŸ˜†
    Tapi kalo saya lihat, ada juga sih cowok yang super duper detailnya.
    Semuanya diingat dengan baik πŸ˜€

Leave a Reply

Tag Cloud

