Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Azas Manfaat

DSC00750

Siang hari, saya lagi leyeh-leyeh sejenak di kamar setelah ngos-ngosan ngepel dan nyikat kamar mandi.
Debi yang baru pulang sekolah lagi kasak-kusuk di belakang sama Daniel. Pastinya di depan kulkas yang terbuka, karena saya sempat dengar juga suara pintu kulkas dibuka (Percayalah, bahwa pendengaran seorang emak itu bisa sangat tajam kalo menyangkut anak-anaknya…).

Nggak lama kemudian Daniel nyamperin saya di kamar.
“Mah, boleh nggak makan coklat yang di kulkas?”

Ooooo…….. jadi coklat tokh yang tadi jadi bahan kasak-kusuk.

“Yang mau coklat siapa? Daniel atau Cici?” saya mancing.

Dan Daniel dengan polosnya bilang, “Cici…”

“Kok bukan Cici sendiri yang bilang sama Mamah sih?”

“Katanya takut nggak boleh……”

 

Heiiiyyyaaaahhh….. anak-anak ini…
Selalu deh anak yang lebih kecil itu dimanfaatkan oleh yang lebih besar. Dulu Semsem dan Debi. Sekarang Debi dan Daniel.
Dan kalo dipikir-pikir…………… dulu juga saya sama sih…. suka memanfaatkan adik saya untuk minta ini itu sama si mama… hihihi…

 

Soalnya biasanya ortu suka lebih permisif sama yang kecil. Ngeliat tatapannya yang unyu dan polos aja suka meleleh, mau marah pun nggak jadi.
Coba kalo sama yang lebih gede……….. level marah dan hukumannya suka lebih berat kan yah?

Dulu saya suka merasa dipilihkasihi sama si mama ketika mengalami yang demikian. Bagaimana tiap adik saya merengek dikit, (sepertinya) mama saya bisa begitu saja memberikan apa yang dia minta. Bagaimana adik saya (sekali lagi…sepertinya) begitu gampang dimaafkan ketika melakukan kesalahan.
Hayooooo… yang punya adik pastinya pernah juga kan merasakan seperti saya???

 

Tapi sekarang saya bisa bilang, itu bukan karena pilih kasih.
Anak yang lebih besar, yang sudah lebih banyak tahu dan paham, tentunya diminta juga tanggung jawab yang lebih besar. Diharapkan juga bisa lebih mengerti aturan yang berlaku di rumah dan kemudian memberi contoh pada adik-adiknya untuk taat.

 

Rasanya sih saya sudah sering menjelaskan tentang ini pada anak-anak.
Tapi kalo melihat mereka masih suka memanfaatkan adiknya begini……….. hmmmmm……….. kayaknya ini juga masih jadi PR buat saya…

 

 

DSC00089

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Azas Manfaat" (33)

  1. Hehehe,… lucu juga ya trik mereka buat ngrayu emaknya dengan memanfaatkan adik unyu2,..
    kalo saya anak bontot, mungkin tanpa sadar saya juga dulunya diperalat sama kakak saya 😀

  2. Cicinya geuliis..^_^

    Anak-anak saya..? Ntaaar diinget2 dulu..
    Seingat saya, anak2 ngga sigana mah… Tp emaknya yg suka memanfaatkan si kecil buat ngerayu bapakna hahaha..

  3. hahahahahhah *inget yang di rumah suka manfaatin Gama* Tapi bener Nov, kita minta yang lebih gede udah lebih tau aturan dan ngasih contoh. eh itu jadinya coklatnya dikasih atau nggak?

    • Dikasih lah. Sebetulnya kalo Debi yang minta juga aku kasih kok, memang itu jatahnya mereka.

      Cuma Debinya suka takut-takut gitu kalo minta makanan, soalnya dia yang paling kurang bagus kesehatannya, gampang batuk pilek trus asma deh. Jadinya kudu dijaga baik-baik. Sering terpaksa aku tolak kalo dia minta makanan tertentu dan pas kelihatan udah mulai batuk.

      Sedangkan Daniel itu yang paling seger buger, aku lebih leluasa ngasih makanan apapun sama dia.
      Itu makanya sering dimanfaatin sama cicinya.

  4. Terusnya gimana? dibolehin ‘kan?! Ya udah kasih aja keduanya sambil diingetin sikat gigi baik-baik sebelum tidur. 🙂

    • Boleh, Bund… da si neng Debi belakangan udah lebih sehat. Batuk dan asmanya udah jarang nongol jadi saya juga lebih leluasa ngasih dia cemilan-cemilan.

  5. Daniel, bilang Mamah mu ya: tanteu tykeuw minta coklatnya juga, hihi….

  6. makasih triknya mba hahahaha

  7. baru kepikir iya juga ya triknya gitu hihi, pantesan dulu suka di suruh2 kakak2

  8. kalu gitu semsem itu niru siapa ya? kalu debi niru kokonya, ntar daniel kalu punya adik pun demikian..

  9. hahaha sama kayak si andrew suka memanfaatkan emma kalo dia pengen sesuatu. bilangnya emma yang pengen… 😛

  10. Jahaha.. Betul2, saya duluuu suka dimanfaatkan berhubung anak paling kecil xp

  11. Iya.. Aku jg dulu gtu ke adek aku hahahaha.. Tp klo aya blm tuh memanfaatkan adeknya, secara bedanya hampir 6 thn, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: