Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Dua sisi

Suatu kali saya pernah dalam kondisi sangat kefefet, Babeh sudah berminggu-minggu nggak dapat kerjaan sementara ada beberapa kebutuhan yang mendesak untuk segera dipenuhi.
Dalam kondisi begitu, saya merasa bagai dapat rejeki nomplok ketika sebuah pabrik tiba-tiba mengirim puluhan inverter berlumuran lumpur dan minta dibersihkan sekaligus direparasi kalau ada yang rusak.Β  Rupanya pabrik itu habis kebanjiran dan semua mesinnya kerendem air. Saking kejepit kepingin mesinnya segera jalan lagi, diapun nggak mempermasalahkan soal biaya.

Setelah dicuci dan diperiksa, ternyata sebagian besar inverter itu masih bisa berfungsi normal. Jadilah kali itu babeh bisa dapat uang yang lumayan hanya dari kerjaan ringan bebersih. Ganti komponen aja nggak, modal air dan rinso doang.
Dan saya berkomentar, “Tuhan mah bisaan ya, Beh… bikin pabrik orang kebanjiran buat ngasih kita berkat.”

 

DSC00151

 

Kayaknya egois banget ya komentar saya. Karena yang jadi berkat buat saya itu adalah kemalangan buat yang punya pabrik.
Tapi waktu itu saya cuma mikir, yang penting mah saya dapat duit aja.

 

Sampai beberapa waktu yang lalu………….
Nggak ada hujan nggak ada angin, tiba-tiba plafon di kamar belakang yang kami jadikan gudang ambrol aja gitu.
Terpaksa babeh manggil tukang buat betulin, karena biarpun cuma gudang tapi nggak enak aja liatnya kalo berantakan nggak ada atapnya. Mana bekas ambrolnya itu kan kudu dibersihin, dan saya paling malesss kalo harus bersihin debu-debu begitu banyak.
Babeh nyuruh satpam kompleks yang memang suka merangkap jadi tukang bangunan kalo lagi nggak giliran jaga.
Saya ngomel dalam hati karena terpaksa keluar duit ekstra.

Kemudian setelah kerjaan beres, plafon terpasang kembali plus benerin beberapa bocor di garasi dan dapur, si satpam cerita-cerita bahwa dia memang lagi butuh banget duit karena tangan istrinya kesiram minyak panas dan kudu berobat. Jadi waktu disuruh kerja sama babeh itu dia girang banget karena akhirnya bisa dapat duit tambahan. Gaji satpam berapa sih sebulan, biasanya begitu gajian aja katanya suka langsung habis karena dipotong kas bon.

 

Saya jadi terkenang kembali kejadian yang dulu itu. Cuma saja kali ini giliran kesialan saya yang dipake Tuhan jadi berkat buat orang lain….

Memang nggak ada yang bisa menduga jalan pikiran Tuhan ketika merancang segala sesuatu….
Antara musibah dan berkah…… kayak dua sisi mata uang, tergantung di sisi mana kita ada.

 

Ini pengingat buat diri sendiri, supaya nggak gampang ngomel ketika sedang kena musibah, karena saat itu mungkin saja saya lagi jadi saluran berkat buat orang lain………..

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Dua sisi" (36)

  1. good share mba…kadang hal begitu jadi pengingat utk selalu berbagi tanpa harus menunggu musibah tiba.

  2. hmmm Tuhan maha adil ya bu..:)

  3. inspiratif ini teh.. iya dulu suka mikir gitu juga, ku apes tapi yang lain happy.. ku happy yang lain bangkrut.. hidup emang seimbang ya.. jadinya bersukur deh..

  4. pingkanrizkiarto said:

    keren Nop… kena banget tulisannya… πŸ™‚

  5. Begitulah persis seperti arti ayat di bawah ini,
    57:22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhmahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

    57:23. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

  6. Menjadi berkat buat orang lain itu membahagiakan ya Teh.. inspiratif πŸ™‚

  7. Iya, bener juga. Tinggal kita menyikapinya bagaimana ya. Bersyukur itu bikin hati damai.

  8. nggak ada yang bisa menduga jalan pikiran Tuhan ketika merancang segala sesuatu

    Setuju …
    dan saya juga percaya dengan ungkapan …
    “… indah pada masanya …”

    Biarlah Tuhan yang mengatur … Kita hanya berusaha saja

    Salam saya

  9. bener ya mba, kalo dapet rejeki kita suka lupa ajaa gitu gak perduli orang lain susah πŸ™‚ TFS mba

  10. Iya juga ci, kita kadang tertawa di atas penderitaan orang lain kalau begini mah. Tapi kan yang penting uang yang bikin kita ketawa senang bukan hasil nyuri, gitu lho……. πŸ˜€

  11. *Ngaca* bener bgt mba Tuhan keren dah uda ngatur semuanya secara adil.

  12. katanya… hidup seperti roda pedati yang berputar.
    sekarang dapat rezeki, besok giliran kita “berbagi”

  13. Ini pengingat buat diri sendiri, supaya nggak gampang ngomel ketika sedang kena musibah, karena saat itu mungkin saja saya lagi jadi saluran berkat buat orang lain………..

    >> *manggut2* akan kuingat….

  14. Reblogged this on -n-.

  15. salam kenal..
    dari mbaca reblog mem tyke mampir dimari..
    bener banget..setuju….inilah kehidupan….:)

  16. kalo katanya orang “everything happens for a reason” kali ya mbak alias segala sesuatu itu nggak ada yg sia2 kalo bisa memaknainya, yg menurut kita (eh aku ding,hihi) musibah itu nggak ada enak2nya, tapi ternyata membawa keberkahan tersendiri buat org lain. kisahnya mantabb dah, kereeenn πŸ™‚ jadi alarm buat diri sendiri nih biar nggak ngeluh terus kalo dapat musibah

  17. Merinding bacanya. Tuhan emang gak kurang cara ya kasih umatnya rejeki..

  18. thanks yah mba udah mengingatkan di postingan ini, bahwa disetiap rejeki kita ada rejeki orang lain juga πŸ˜€

    salam kenal dapet link blog ini dari reblognya mba tyke πŸ˜€

  19. ternyata rata2 gtu yah satpam nyambi tukang panggilan…
    *komen ga focus

  20. Itu rangkaian elektronya nagus, rapi. Ga kayak punya saya yang amburadul walau masih nyala juga.

  21. like this..
    tidak ada yang tau rencana Tuhan buat kita.. πŸ™‚ jadi memang benar harus selalu be positive..

  22. Aku suka ngerasa gitu kok Nov, baik di sisi yang satu, maupun di sisi satunya. Dan perlu kebesaran hati pas di sisi yang ngerasa dijadikan saluran berkat ya, bukan yang pas dapat berkatnya hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: