Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Soto Gebrus

Udah beberapa hari Bandung dingin terus. Enaknya makan yang anget-anget kayak soto.
Tapi kali ini saya pingin bikin soto yang gampang aja. Soto gebrus.
Disebut soto gebrus karena bahan-bahannya memang digebrusin alias dicemplungin aja sekaligus di kuah soto.

Bahan-bahan

– daging sapi sesukanya, dipotong kotak kecil-kecil.
(Kalau mau pake ayam juga bisa. Direbus, trus disuwir-suwir. )
Saya pake daging sapi seperempat kilo, soalnya cuma itu yang ada di kulkas.

– kol diiris panjang tipis
– toge, dibersihkan ekornya
– lobak, dipotong tipis-tipis
– daun bawang dan seledri
– tomat satu butir

DSC00668DSC00667

 

 

 

 

 

 

 

 

– bumbu soto instan.
Lagi malas bikin bumbu soalnya.
Kalo mau bikin bumbu sendiri, ulek bawang merah, bawang putih, kunir, sedikit jahe, garam, merica, gula, trus dioseng dulu sampe harum pake daun salam, daun jeruk dan serai. Tuh ribet kan……

– Santan sedang

 

 

Cara Bikinnya

Daging direbus sampe empuk bersama bumbu soto

DSC00655

 

 

Setelah empuk dan rasanya pas, gebrusin lobak dulu karena lobak matengnya rada lama.
Udah lobaknya empuk, gebrusin semua sayur lain sekaligus, juga santan, tomat, daun bawang dan seledri.
Habis itu tambahin bawang goreng.
Mateng deh

DSC00664

 

 

Makannya bisa ditambah telur rebus, emping atau kerupuk dan sambel kecap plus sedikit perasan jeruk limau.
Segerrrrrrrr……………………

DSC00662

 

 

catatan : Sayurnya jangan sampe terlalu lembek karena nanti sotonya kurang seger.

 

 

 

 

Advertisements

Comments on: "Soto Gebrus" (31)

  1. yummy–saya dari bandung juga bisa di delivery?hehe hehe

  2. sama mbak disini di garut juga lagi dingin banget …
    coba resep nya aaaaaah .. tapi kayanya tanpa Toge deh .. soale aku ga suka 😦

  3. gebrus… baru denger mba.
    nice nih. ntar minta mama bikin ah

  4. soto gebrus..?
    baru denger ah
    enak gak…?

    • Saya juga baru tau kok. Ada tetangga yang kasih resepnya.
      Kalo soal enak, tergantung sapa yang masak. Kalo kang Rawin yang masak mah belum tentu enak…. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  5. iya bener mbak, bandung ujan terus mana angin nya gede banget lagi hikss.. lagi hujan disini dan liat soto gebrus ini langsung deh perut kukuruyuk.. hihihihi

  6. Mauuuu… Kiriiiim… Hehe
    Tteeh eta toge na abdi mah tara digebruskeun, ditinyuh wae ku cai panas sakedap, trs nembe dibanjur ku kuah soto dina mangkok, kitu oge sareng engkolna, ieu mah abdi ketaaang, da barudak aya anu teu resep Toge.
    Teh Novie, saya mah lamun masak jarang direndos, sadayana disiksikan, janten samara alung tah.
    Euuhh kabitaaa… Ngadamel ah enjing kangge buka, teu acan balanja.

  7. bikin ngiler …
    sabar… #elus perut

  8. baru denger soto gebrus.. ehtapi lobak kan masaknya cepet toh kaya wortel impor itu..

    • Maksudku kalo dibandingin sama kol dan toge kan lebih perlu waktu ngerebusnya. Aku sukanya toge dan kol masih agak nyakruk jadi rebus sebentar aja.

  9. saya juga suka masak soto gebrus ini,tp gak pake lobak, dan pake bumbu jadi hehehe.
    dan anak2 emang paling suka..

  10. diah indri said:

    Auoooo
    Pengen mamaaaaah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: