Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Weekend di dapur

Sebagai emak hemat cenderung pelit, saya selalu berpendapat bahwa liburan tidak selalu berarti bepergian ke tempat-tempat wisata yang memerlukan duit banyak. Terutama di saat baru mengeluarkan subsidi anggaran lumayan besar untuk keperluan sekolah anak-anak. (Halah, panjang amat… bilang aja nggak punya duit 😛 )
Untungnya anak-anak saya adalah anak-anak manis yang nggak pernah protes. Mereka mah hepi-hepi aja main di rumah juga. Saya nyediain buku-buku bacaan, game baru di komputer plus beberapa aktifitas lain yang bisa bikin mereka anteng.

 

Sabtu kemarin saya ajak Debi dan Daniel main di dapur, bikin cemilan.
Kebetulan udah lama saya nggak nyediain cemilan bikinan sendiri. Selalu terhalang malas bahkan untuk sekedar bikin puding yang paling gampang. Tapi kemarin itu saya habis baca postingannya Febbie tentang puding roti dan langsung ngiler.
Kebetulan lagi adik saya baru ngasih oven punya dia yang di Tasik cuma dijadiin hiasan alias nggak pernah dipake. Oven saya mah udah lama nggak bisa dipake lagi. Gara-gara dipake babeh buat manasin PCB….. biarpun udah dibersihin tapi saya kok rada takut ada sisa-sisa bahan kimia di situ….. 😦

Anak-anak diajak masuk dapur, tentu saja senangnya bukan main. Kasih mereka tugas yang gampang-gampang aja kayak ngancurin pisang dan roti. Percayalah kalo urusan “menghancurkan” apapun, mereka sangat jago…… 🙂

 

Jadi puding roti ala Febbie ini beneran gampang banget bikinnya. Dan seperti resepnya, saya juga nggak pake ukur-ukuran. Main gabrukin aja semua….

 

Bahan-bahan :
10 potong roti tawar tanpa kulit (resepnya Febbie cuma 4-5 lembar. Tapi saya bikin lebih banyak soalnya saya bikin di loyang besar)
susu kental manis
Gula pasir
4 buah pisang (saya pake pisang raja yang udah mateng banget)
coklat beras (meises)
keju cheddar parut
1 butir telur dikocok

 

Cara bikinnya :
Roti tawar disuwir kecil-kecil
(saya kasih tugas ini ke Daniel)

 

DSC00542

 

Pisang dibejek-bejek. Biar gampang, potong dulu kecil-kecil sebelum dibejek. Yang kebagian tugas ini adalah Debi

DSC00543

 

Susu kental manis dicairkan pake air kira-kira 300-400 ml atau tergantung banyaknya roti.
Kasih gula pasir lagi biar manisnya pas. Trus masukin juga telur yang udah dikocok.
Pisang yang udah ancur, cemplungin juga ke sini.
Aduk-aduk dengan penuh perasaan…. 🙂

DSC00545

 

Taruh separuh bagian suwiran roti di loyang. Tuangin adonan susu secukupnya sampai rotinya basah, tapi jangan terlalu banjir.

DSC00544

 

Diratakan. Trus taburin meises.
Kasih tugas ini juga sama anak-anak. Soalnya mereka juga biasanya pinter kalo disuruh mawur-mawurin apapun…. 🙂

DSC00546

 

Tutup dengan separuh bagian lagi suwiran roti yang udah dibasahin juga sama adonan susu.
Terakhir di atasnya ditaburin keju parut.
DSC00547

 

Berhubung Daniel pingin coklatnya banyak jadi di atas keju saya kasih lagi meises plus sedikit taburan gula pasir.

DSC00548

 

Panggang di oven kira-kira 30 menit. Febbie bilang suhunya 170 – 180′ C  tapi oven saya kemarin dikasih suhu 140′  aja udah panas banget.

 

Dan hasilnya….. taraaaaaaaaaa……

DSC00550

 

Bisa dimakan panas atau dimasukin dulu ke lemari es. Saya sih pilih yang kedua.

DSC00552

Ditambahin es krim, enak juga ternyata…

 

Anak-anak makan dengan bangga karena merasa itu bikinan mereka.

Dan hari itu saya juga sukses bikin satu hari libur lagi terlewati….

 

 

 

Comments on: "Weekend di dapur" (13)

  1. Aaah akhirnya ada yg bikin puding royal ala Debie ya… hmm menanti siapa lagi yg posting ginian yg bikin ngelay inihh

  2. seru juga emang ya masak2 ama anak2.. .anak2 juga pasti seneng… 🙂

  3. eh bener lhooo… Aya juga gtu nih.. kalau dah datang masa liburan skolah.. dia aku suka ajak masak, pertama sih suruh pilih.. mau bikin semacam prakarya gtu? atau masak? Aya pilih masak… 🙂 dan resep ini boleh jg dicoba 🙂

  4. wakakakaka… gabrukin aja deh… nyummy kan 🙂
    tinggal panekoek dehhhh ^^
    si nathan kadang aku ajak ke dapur kadang ngga, kadang ngerusuhin sihh.. xixixixixi… padahal mau cepet2, soalnya peter kan maunya sama maminya

    itu daniel serius benerrr 😛

    • Iya, nanti mau coba bikin panekoeknya.

      Ini juga berantakan di dapur. Tapi serunya kan di situ….
      Bentar lagi kalo Peter rada gede perusuhnya jadi dua, pasti makin seru… hihihi

      Daniel serius karena mau di foto. Biar tampangnya galak kayak chef juna katanya… hahaha

      • halahhh.. ngeidolain chef juna tohkkkk

        • Bukan nge-idola-in… malah kalo nonton masterchef kita suka ketawa-ketawa aja ngeliat chef Juna yang kalo berdiri ngabisin tempat. Kalo kata semsem mah lima ubin diabisin sendiri…. hahaha
          Nah si Daniel itu lagi niru gayanya chef juna yang suka sok galak gitu….

  5. wah seorang ibu yang edukatif dan berkreasi bersama anak.. 🙂

Leave a Reply

Tag Cloud

