Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Biarpun sudah tinggal di Bandung sejak tahun 97, tapi sebetulnya baru tahun kemarin saya dan babeh punya KTP Bandung. Sebelumnya jadi penduduk gelap aja…. πŸ™‚

Maka waktu bulan Juli atau Agustus tahun lalu ada rame-rame pembuatan E-KTP dan kami gak dapat surat panggilan ke kecamatan, saya pikir karena kami memang penduduk “baru” jadi belum terdata.Β  Tapi waktu tanya tetangga kiri kanan depan belakang atas bawah ternyata warga lama banyak juga yang gak dapat surat panggilan

Lalu ada berita dari pengurus RT, bahwa yang nggak dapat surat panggilan, nanti akan menyusul bulan Oktober, tapi ada biayanya 30 ribu. Padahal yang salah siapa coba, kok jadinya kita yang harus bayar……. Waktu itu sempat juga dibilangin Mbak Niez, jangan mau kalo disuruh bayar. Kalo perlu ngotot-ngototan aja.

Tapi ya sudah, saya pikir ngapain pusing, toh KTP lama juga masih berlaku. Apalagi denger dari adik dan Mama yang bikin E-KTP di Tasik katanya minta ampun ngantrinya sampe 2 jam lebih. Ih, males banget kan……

Tunggu punya tunggu, bulan Oktober lewat, dan nggak ada tuh yang namanya panggilan susulan. November lewat, masih nggak ada juga. Tapi yang sudah pada bikin juga ternyata belum jadi-jadi tuh E-KTPnya. Sampai akhirnya pertengahan bulan Desember ada satpam kompleks yang bisikin babeh, katanya kalo mau bikin E-KTP datang aja sekarang juga ke kecamatan. Kan kita nggak ada surat panggilannya? Katanya gapapa, datang aja bawa kartu keluarga.

Waktu itu sekitar jam 11 siang, saya lagi masak dan keringetan. Mau difoto buat KTP? Sekarang juga? Duh…. jelek dong nanti. Hilang dong kemanisan saya…. malu dong sama para penggemar petugas kecamatannya. Mau mandi dan dandan dulu, babeh bilang nanti keburu penuh lagi di sana jadi lama nunggunya. Udah gitu aja, cuma foto KTP ini bukan foto buat cover majalah.

Karena saya ini istri penurut, baik hati, sabar dan rajin menabung……. *pletaakkkkkss!!!….., akhirnya saya ikutin deh kemauan babeh. Pergilah kita berdua ke kecamatan. Pas udah sampe, di parkiran saya baru inget kalo kartu keluarganya tadi saya taro di meja komputer dan lupa dibawa….. hadeuuuh….. *toyor kepala sendiri

Babeh langsung cemberut. Terpaksa kita balik lagi dan sayapun makin keringetan….

Trus akhirnya pas nyampe kedua kali, memang di sana lagi kosong. Ada 2 meja yang melayani pembuatan E-KTP. Tanpa harus ngantri langsung deh difoto, ambil sidik jari dan tanda tangan. Fotocopy kartu keluarga dicap sama petugas dan disuruh simpen buat nanti kalo pengambilan. Udah gitu doang.

Babeh dengan bangga bilang, akhirnya ada juga manfaatnya sering-sering ngerumpi di pos satpam. Karena kalo nggak dikasih tahu sama si satpam, kita juga nggak tahu kalo bisa bikin E-KTP tanpa surat panggilan. Mana jadi cepet lagi karena nggak usah ngantri.

Habis itu saya udah nggak mikirin lagi soal KTP. Sampai minggu kemarin dapat surat dari RT bahwa E-KTP kita udah bisa diambil hari Jum’at jam 8 pagi.

Lagi-lagi si satpam ngebisikin, jangan datang jam 8 nanti keburu penuh. Soalnya satu RW hari pengambilannya berbarengan. Datang aja jam 7, biasanya sih petugasnya udah ada.

Jadi hari Jum’at kemarin saya dan babeh datang pagi banget. Belum jam 7 udah nyampe. Kantornya aja belum buka, tapi ada meja di depan dan di situ udah numpuk E-KTP yang mau diambil. Langsung deh dapat punya kita, tapi kata petugasnya belum bisa diaktivasi karena komputernya dari kemarin error. Jadi KTPnya boleh dibawa tapi hari Senin kudu datang lagi untuk aktivasi.

Emangnya ATM kudu diaktivasi? Trus kalo udah aktif bisa dipake ngambil duit di ATM atau dipake belanja di supermarket nggak ya?

Nih penampakan KTPnya

DSC00322

KTP

Fotonya jelek bangeeet…

Gimana pengalaman E-KTPmu temans?

Comments on: "E-KTP, Eeee… gampang ternyata" (23)

  1. Sama, aku juga gampang pas bikin E-KTP. Nggak seribet yang digosipkan. Hehehhehe..

  2. Betul mak. Aku KTP msh Jogja, tp lg ikut suami dinas ke Sumatra, jadinya bikin eKTP bbrp bulan stlh undangan, yaitu pas mudik Lebaran. Ternyata gampiiiiiiiiiing banget! Tinggal bawa undangan, 1 menit selesai. Tp skrg blm jadi, udah mau Lebaran lagi. Heran ya mak, foto yg dari pemerintah spt SIM & paspor kok jelek semua ya? Moga2 e-ktpnya agak cakepan dikit hihihiiii…..

  3. Diriku lagi nunggu panggilan nih, Nov. Dan memang buat e-KTP ternyata nggak mbulet yang seperti aku bayangkan, tapi, aku juga tahu info langsung ke Kecamatan dari dirimu, lho, Nov.

  4. waaaa aku masih KTP biasa .. belum bikin E-KTP ..
    iya emang banyak gosip bikin E-KTP itu mahal, terus proses nya lama, terus apalah itu nama nya.. kalo begitu mau juga deh bikin E-KTP πŸ™‚

  5. aku juga udah punya e-ktp, tapi terus terang seumur hidupku, ini KTPku yg paling “enggak” banget .. sumpe males jadi liatnya .. *fotona goreng hahaha

  6. Dhani & Helen Prakoso said:

    fotonya tetep cantik koq πŸ˜€

  7. pingkanrizkiarto said:

    laaah… emang pake aktivasi segala ?

  8. eh mbak keringat dimuka bisa jadi efek light di kamera lho… *kameranya yg jelek atau ….

    klo e ktp aku sejak feb thn 2012 dan baru selesai feb kmrn. sampe sempet ngutus ktp manual juga gara2 ga jadi2 tapi yg lama dah expired.

  9. Ely Meyer said:

    Sdh lama nggak punya KTP aku mbak, punya nya paspor πŸ™‚

  10. fransiscus said:

    Setahun yng lalu 2012 saya buat e ktp tampa kk. Sampai sekarang belum jadi

  11. aku baru ngurus wiken kemaren, di salah satu mol di surabaya, hihihi.

  12. muhyidin said:

    punya ane dah 1 tahun gak jadi-jadi. ntah apa nunggu kiamat ya?

  13. muhyidin said:

    indonesia pingin canggih tapi malah nyusahin warganya.

  14. kalo yang baru pindahan KTP masih yang lama, bukan e-KTP. dan mau buat di alamat yang baru gimana ya?? harus ada surat pindah donk

Leave a Reply

Tag Cloud

