Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Kabayan saba TK…….

Ini acara “Mengenal budaya Sunda” di sekolah Daniel beberapa waktu lalu yang diberi judul “Patepang Deui”.

Jadi ceritanya semua anak disuruh berpakaian ala urang sunda. Sebelumnya selama beberapa minggu anak-anak juga diajar percakapan sederhana menggunakan bahasa sunda, lagu-lagu bahasa sunda dan macam-macam kaulinan urang lembur yang kayaknya nggak banyak lagi dikenal anak-anak sekarang…. macam paciwit-ciwit lutung, oray-orayan, cingciripit.

Senang aja sih melihat anak-anak bersemangat meskipun kelihatannya gak banyak yang mengerti betul. Bu Guru aja bahasa sundanya masih kagok dan tergagap-gagap. Tapi saya acung jempol buat idenya. Baguslah buat mengembalikan  kecintaan anak-anak pada bahasa dan budaya Sunda.

Sedih juga soalnya melihat bahasa sunda semakin terpinggirkan. Anak-anak sekolah sekarang jarang yang mempergunakan bahasa sunda sebagai bahasa pergaulan. Kalaupun ada, mereka memakainya pada tingkat sangat kasar dan nggak lupa diselipi kata-kata “Njing!”……  *ngelus dada deh…

Eh, iya… kemarin itu Daniel tampil jadi mang sayur yang ceritanya nawarin sayur ke ibu-ibu. Nyanyinya keras banget…. sayang emaknya lupa motret saking terpesona liat si bungsu udah berani tampil di panggung.

Dan habis acara kemarin, tiba-tiba Daniel jadi senang ngomong “kunaon” dan “sakedap”…..

Advertisements

Comments on: "Kabayan saba TK……." (12)

  1. Peromaxxx! Duh salut deh sama usaha guru dan sekolahnya untuk melestarikan bahasa dan budaya Sunda. Memang perlu tuh, mbak. Budaya Indonesia kaya banget, sayang kalau dilupakan dan disia-siakan.

  2. iteung leutikna geulis teu 😀

  3. pingkanrizkiarto said:

    ora ngarti boso sundo…. :p

  4. wow!! Damang Mang Daniel ?
    Salut lah.. sama sekolahnya yg masih mau melestarikan budaya Sunda..

  5. Bagus!!
    Bahasa daerah perlu diajarkan di sekolah sekolah biar gak punah.

  6. keren tuh bugurunya.. emaknya daniel bisa dong nyanyi lagu sunda?
    mangkabayannya ngantuk ya selama nyanyi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: