Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Bika Singkong

 

Singkong, bahan makanan murah meriah yang bisa diolah jadi buanyak sekali variasi makanan.
Yang satu ini sering dibuat mama saya dulu waktu saya masih kecil. Baru-baru ini saya dapat resepnya dari tante saya. Jadi langsung semangat buat nyoba. Ternyata babeh dan anak-anak suka. Padahal tampilannya kurang cantik, gara-gara saya gak pake alas kertas roti di loyang, jadi bagian bawahnya nempel dan kuenya nyaris patah dua waktu dikeluarin……. :((

Saya coba berbagi resepnya di sini. Silakan buat yang mau coba. Dimakan sore-sore sambil ngeteh…. mmmm…. nyam..nyam…!
Bahan :
1 kg singkong diparut……..**ini bagian yang paling merepotkan, mengingat pekerjaan dapur yang paling gak saya suka adalah memarut**
175 gr kelapa parut….. **ini juga sama bikin pegel. Mau pake kelapa yang udah diparut di tukang sayur, takut basi karena saya bikin kuenya siang**
175 cc santan dari 1/2 butir kelapa …… **saya pake kara aja**
100 gr margarin dicairkan
50 gr terigu
250 gr gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt garam

Cara bikinnya :
РKocok dulu gula sama telur sampe mengembang. **Saya kocok kira-kira 7 menit dengan kecepatan  mixer maksimal**
– Masukin singkong, kelapa parut sama terigu trus aduk sampe tercampur rata.
– Tambahin margarin cair dan santan, aduk-aduk lagi.
– Masukin ke loyang yang bawahnya dialasin kertas roti dan dioles margarin.
– Panggang sampai matang.….. **Berhubung oven saya rusak jadi saya pake baking pan buat manggang, kira-kira 1/2 jam udah mateng**

Ctt : Yang saya buat di atasnya saya taburi keju parut, tapi ternyata nggak terlalu berasa kejunya tuh. Kalah sama gurih kelapa parut kayaknya….

 


Dan ini asisten kecil saya


Sekaligus pengicip pertama

Advertisements

Comments on: "Bika Singkong" (9)

  1. Yang pasti murah meriah ya bu

  2. 175 gr kelapa parut itu kira2 dr berapa kelapa teh?

  3. saya juga paling males marut-memarut dan uleq menguleq.. Tangan saya gak pernah bisa CS-an sama parutan siih, sering keparut mulu! hiks

  4. pingkanrizkiarto said:

    curiga deh, ini bukan Nopi yg masak… paling cuma mandor-in doang inih…. :p

  5. tetetteh jigana raos pisan…..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: