Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Waktu koko Semsem ulang tahun bulan kemarin, Daniel bilang kalau nanti gilirannya ulang tahun dia nggak mau cuma dapat kado tapi kepingin pake kue tart dan tiup lilin. Rupanya dia sudah mulai ngerti tentang ulang tahun.
Bulan-bulan terakhir ini aku memang melihat perkembangan Daniel yang lumayan cepat, setelah sebelumnya sempat membuat emak babenya kuatir karena dia kelihatan ‘beda’ dengan kakak-kakaknya.

Daniel memang termasuk lambat dalam banyak hal. Sampai umur dua tahun, bicaranya cuma bisa “nih” dan “tuh”. Kalau ingin sesuatu yang dilakukannya adalah menarik-narik tanganku lalu menunjuk-nunjuk.
Tapi waktu aku mulai merasa cemas, tiba-tiba dia akhirnya ‘berbicara’… dan bukan cuma itu, langsung jadi bawel melebihi kakak-kakaknya.

Waktu aku mendaftarkannya untuk masuk TK tahun ajaran besok, aku juga sempat cemas lagi. Daniel bukan cuma menolak, dia juga belum bisa apa-apa. Berhitung sampai 10 masih salah-salah. Warna juga masih sering ketukar-tukar. Memegang pensil belum bisa dengan cara yang benar. Dia nggak suka dibacakan cerita, nggak suka melihat-lihat gambar di buku. Dan kalau diajari apapun selalu menolak.
Tapi menjelang ulang tahunnya ke empat, tiba-tiba saja dia mulai menunjukkan minat pada hal-hal yang berhubungan dengan sekolah. Beberapa kali bertanya kapan dia mulai masuk sekolah. Terus tiba-tiba jadi hobi mencoret-coret kertas dan mewarnai buku. Katanya dia lagi belajar seperti cici dan koko. Kalau mau tidur juga sekarang minta dibacakan dulu cerita.

Lega rasanya melihat akhirnya si kecilku bisa berkembang juga.
Ternyata memang tiap anak berbeda. Masing-masing punya waktu sendiri untuk mencapai suatu tahapan tertentu. Nggak bisa dipaksa, dan nggak bisa dibanding-bandingkan.

Yang terakhir, beberapa waktu yang lalu Daniel bisa juga melafalkan huruf S. Tadinya kalau dia ngomong, huruf S-nya masih pakai C.
Susah sekali mengajarnya untuk bisa ngomong S.
Kalau cuma R yang nggak bisa, aku masih maklum. Karena Debi juga baru hilang cadelnya setelah umur 5 tahun. Tapi kalau S juga nggak bisa, rasanya bakal repot kalau nanti dia masuk sekolah.
Tapi Daniel agaknya senang memberi kejutan. Suatu hari tiba-tiba saja dia bisa mengucapkan namanya sendiri dengan jelas “Daniel Sssshendy Kristianto”, dengan huruf S yang mendesis….
Waktu aku kaget dia cuma senyum dan bilang, “Udah bisssssa, Mah, ssssss-nya.”
Senang dan legaaa sekali rasanya.

Jadi kalau ada yang bertanya kenapa judul postingan ini kok banyak sekali huruf S-nya…. itu karena aku lagi ssssssssuka ssssssama huruf ssssssss.

Tadi siang akhirnya tiup lilin juga.
Ulang tahun ke 4, bareng sama ulang tahun si Oma ke 71

Senengnya yang ulang tahun


Apalagi dapat banyak kado

Ssssssselamat ulang tahun my little sssssssunssssssshine…..
God blessssssssssssss you…!
Jadilah anak yang kuat dan berhati teguh.
Doa Mamah dan Papah menyertai setiap langkahmu.

Advertisements

Comments on: "Sssssssemua ada sssssssaatnya…." (22)

  1. kata ibuku aku malah pernah diejek anak bisu mbak gara2 sampai umur 5 th belum bisa bicaradan baru benar2 bisa bicara sehari sebelum masuk TKmemang semua ada waktunya yang penting sebagai ortu sabar dan tetep optimis nglatih si anak

  2. banyak fakta anak yg di’kira’ terlambat dalam kemampuan bicara, akhirnya pas ‘saat’nya, malah melebihi yg bicara tepat waktu. cerewet and etes ga ktulungan. met ultah yah…

  3. rembulanku said: memang semua ada waktunya yang penting sebagai ortu sabar dan tetep optimis nglatih si anak

    Itu salah satu yang aku pelajari dari pengasuhan si bungsu. Bener-bener harus sabaarr

  4. inacw said: banyak fakta anak yg di’kira’ terlambat dalam kemampuan bicara, akhirnya pas ‘saat’nya, malah melebihi yg bicara tepat waktu. cerewet and etes ga ktulungan. met ultah yah…

    Iya bangettt… sekarang dia paling cerewet dibanding dua kakaknya.

  5. Ah sssssenang ssssssekali ssssssaya ssssssekarang eh sssssetelah sssssselesai baca tulisssssan ini. Ssssssselamat untuk dik Daniel, sssssssemoga makin lancar ya!

  6. ssssssselamat ulang tahuuun… waaah kadonya banyak yaaa

  7. Zahra juga baru2 ini bisa banyak ngobrol… Sebelumnya dia ga bisa semua huruf yg perlu mengangkat lidah… Kaya bulan jd buyan… Lalalala jd yayayaya… SSsssselamat ulang tahun ya daniel

  8. tenanggg…bulik dulu juga pendiem, skg kerjanya ngomong terusssssssss πŸ™‚ Hepi B’day Daniel…muahhhhhhhhhhhh…..*cium pipinyaaaaaaaaaaaa*

  9. daniiiiel, met ultah yaaaaapinjem mobilnya doooonk

  10. bundel said: Ah sssssenang ssssssekali ssssssaya ssssssekarang eh sssssetelah sssssselesai baca tulisssssan ini. Ssssssselamat untuk dik Daniel, sssssssemoga makin lancar ya!

    Makasssssssssssih, Uwa…..Sssssssssssssemoga Uwa juga ssssssssehat-sssssssssehat sssssssssaja.

  11. aghnellia said: ssssssselamat ulang tahuuun… waaah kadonya banyak yaaa

    Makasssssssih, Tante Amel.Sssssssalam buat kakak Aghnat

  12. dgreena said: Zahra juga baru2 ini bisa banyak ngobrol… Sebelumnya dia ga bisa semua huruf yg perlu mengangkat lidah… Kaya bulan jd buyan… Lalalala jd yayayaya… SSsssselamat ulang tahun ya daniel

    Tengkyu, Tante Dina…(nggak pake s… cape juga mendesis-desis terus)

  13. rengganiez said: tenanggg…bulik dulu juga pendiem, skg kerjanya ngomong terusssssssss πŸ™‚

    Asal Daniel nggak ikut kriwil macam Bulik aja… hihihi…

  14. bunda2f said: daniiiiel, met ultah yaaaaapinjem mobilnya doooonk

    Memangnya Tante Maya masih suka main mobil-mobilan?

  15. drackpack said: Makasssssssssssih, Uwa…..Sssssssssssssemoga Uwa juga ssssssssehat-sssssssssehat sssssssssaja.

    Ouw……, sssssssuuuungggguuuuh ssssssangat menyenangkan. Terima kasssssiiiih ya dik. Peluk cium ah! BTW itu sssssssssiiiiiapa yang ngassssssiiiiiih truck? Didoain lagi ssssssssemoga nantinya jadi pengussssssssaha matrial yang sssssssuksssssessss karena bisssssa ngangkut sssssssssemen dengan truck gede.

  16. bundel said: Ouw……, sssssssuuuungggguuuuh ssssssangat menyenangkan. Terima kasssssiiiih ya dik. Peluk cium ah! BTW itu sssssssssiiiiiapa yang ngassssssiiiiiih truck? Didoain lagi ssssssssemoga nantinya jadi pengussssssssaha matrial yang sssssssuksssssessss karena bisssssa ngangkut sssssssssemen dengan truck gede.

    Truknya dari ssssssssi Oma. Ssssssssoalnya mainan favorit Daniel itu mobil-mobilan. Ssssssssegala macam mobil. Kemarin juga hadiah yang bukan mobil-mobilan mah dia cuekin aja. Katanya nggak sssssssseru..!Mau buka dealer mobil kali. Nanti Uwa beli mobil sssssssssama Daniel yaaa!

  17. drackpack said: Truknya dari ssssssssi Oma. Ssssssssoalnya mainan favorit Daniel itu mobil-mobilan. Ssssssssegala macam mobil. Kemarin juga hadiah yang bukan mobil-mobilan mah dia cuekin aja. Katanya nggak sssssssseru..!Mau buka dealer mobil kali. Nanti Uwa beli mobil sssssssssama Daniel yaaa!

    Oh, oke deh, kirain cuma demen ssssssama jenissssss truck aja, ternyata sssssegala mobil ya? Oke didoain, siapa pun yang beli sssssssupaya ussssssahanya maju!

  18. Ahhhhhhh.. selamat ulang tahun sssssssssssssayang..^_^

  19. πŸ™‚ u’ll b a great boy, daniel! dun worry mom!

  20. happy belated bday ya daniel.. jagoan nih.. sssssekarang sssssudah bisssssa kan omong sssss-nya..

  21. tintin1868 said: happy belated bday ya daniel.. jagoan nih.. sssssekarang sssssudah bisssssa kan omong sssss-nya..

    Sssssssssudah Tante Tin… Makassssssssiihh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: