Mari berbagi, karena berbagi tidak akan membuat kita miskin…. malah akan membuat kita makin kaya

Jurig Facebook

Tadi siang seorang teman Samuel main ke rumah. Kebetulan aku kenal Mamanya, jadi sekedar basa-basi aku tanya, “Mami kamu apa kabar? Sibuk ya?”

Ditanya begitu muka anak itu malah berubah kesal. Lalu dia menjawab dengan nada ketus, “Ya, sibuk seperti biasa. Sibuk OL.” Aku sempat korslet sedikit, nggak mengerti maksudnya. Tapi Samuel cepat nyeletuk, “Online maksudnya, Ma.”

Anak itu lalu melanjutkan, “Coba aja Tante buka Facebook, pasti si Mami ada. Dari pagi sampai malam kerjanya FB-an melulu. Kadang-kadang kayaknya lupa sama anak juga.”

Lho kok jadi curcol (curhat colongan maksudnya). Aku sampai kaget sendiri melihat ekspresi kesal anak itu. Sampai hilang kata-kata dan cuma senyum sambil ber”Ooo..” panjang.

Tapi setelah itu aku jadi mikir. Mama anak itu memang termasuk friend list-ku juga di Facebook. Dan aku pernah menyebutnya jurig facebook alias hantu penunggu facebook gara-gara dia selalu muncul di daftar teman yang online setiap kali aku buka FB. Bahkan pernah sekali aku login hampir jam 11 malam, eh, dia masih juga bercokol di sana. Aku sampai heran sendiri, apa saja sih yang dikerjakannya karena setahuku dia nggak ikut main game yang bikin kecanduan macam Farmville atau Pet-Sos. Terus kapan dia mengerjakan hal-hal lainnya seperti masak, ngurusin anak-anak atau beres-beres rumah. Okelah dia punya pembantu beberapa orang. Tapi masa sih suaminya nggak protes kalau sepanjang hari istrinya terus berada di dunia maya. Emangnya dia juga nggak butuh makan, mandi, nonton TV atau jalan-jalan? Apa bisa semuanya dikerjakan didepan komputer? Pantas saja anaknya saja kesal setengah mati.

Aku juga termasuk orang yang mendapat banyak manfaat dari FB karena di sini aku bisa ketemu lagi dengan teman-teman lama masa sekolah. Bahkan teman-teman SD yang sudah 28 tahun nggak pernah berjumpa lagi.

Hampir tiap hari aku nyempetin buka FB. Kalau nggak update status ya baca-baca saja, sekedar ingin tahu kabar teman-teman. Tapi biasanya tak sampai satu jam mataku sudah sepet dan tanganku pegal menggeret-geret mouse. Belum lagi kalau Daniel mulai merayap naik ke pangkuanku dan ikut memencet-mencet keyboard. Itu warning buatku untuk cepat-cepat mematikan kompi.

Untunglah. Dengan begitu aku tidak ikut-ikutan juga jadi jurig…..

Comments on: "Jurig Facebook" (4)

  1. hehehe masih ada yang spt itu ya…sy sendiri sdh bosan, paling banter main farmville, bahkan chatt selalu sy off, males ngeladenin orang yg ngajak ngobrol…

  2. sama kayak mbak erwin, chat selalu saya off, di MP pun begitu, soalnya nggak bisa OL berjam-jam seperti jurig FB gitu :))

  3. Hiiiiiii……….. sieun!! Untung saya tara FB-an.

Leave a Reply

Tag Cloud

